Wednesday, May 18, 2016

Menikmati Empat Musim di Korea Lewat Festival Unik & Menarik

Halo teman-teman!
안녕하세요 친구들!

Korea punya 4 musim yaitu Musim Panas, Musim Gugur, Musim Dingin, dan Musim Semi. Hari ini kita mau mengajak kalian menikmati empat musim di Korea lewat festival-festival yang ada disini. Salah satu budaya unik dari Korea adalah budaya festival mereka. Setiap minggu pasti ada minimal satu festival, dengan tema yang sesuai dengan daerah/musim/dll. Disini kita akan membahas beberapa festival yang wajib teman-teman kunjungi kalau sedang ke Korea di musim tersebut!

Penasaran kan ada festival apa aja? Yuk langsung kita bahas sama-sama!


MUSIM DINGIN

Berada di provinsi Kangwon-do, salah satu daerah paling dingin di Korea, "Pyeongchang Trout Festival" diadakan sekitar Desember-Februari di kota Pyeongchang. Teman-teman bisa menikmati permainan dengan salju/es, sampai memancing ikan air tawar dari dalam es tersebut! Tempat ini berada kira-kira 40 menit dari Seoul kalo naik bis. 


Selanjutnya adalah "Busan Christmas Tree Festival" di kota Busan. Festival ini diadakan bulan November-Maret di daerah Nampodong, salah satu daerah turis paling terkenal di Busan. Sambil belanja dan makan jajanan pinggiran Korea, kalian bisa menikmati light arts dengan bentuk yang unik-unik, serta nonton penampilan musik di panggung depan pohon tersebut.

MUSIM SEMI


Kalau ngomongin Musim Semi di Korea ataupun di Jepang, kita tidak bisa pergi jauh dari Sakura atau Cherry Blossom! Untuk yang berada di Seoul, bisa langsung ke "Seokchon Lake Cherry Blossom Festival" untuk menikmati bunga-bunga sambil jalan-jalan. Untuk detilnya, bisa langsung cek di blog post kita disini.


Kalau tempat ini adalah "Jinhae Gunhangje Festival" yang berada di kota Jinhae, di daerah Selatan dari Korea. Mungkin masih banyak yang asing sama tempat ini, tapi ini adalah lokasi paling populer di antara orang Korea untuk melihat bunga sakura! Gak percaya? Langsung aja dateng kesitu untuk membuktikan. Disarankan untuk datang kesini di hari biasa, karena percuma dateng pas weekend - yang ada cuma liat lautan manusia :D

Yang susah dari festival di Musim Semi adalah menentukan waktu kunjungannya. Kenapa? Karena yang namanya musim berubah-rubah tiap tahunnya. Maka dari itu tidak ada tanggal yang pasti untuk festival-festival musim semi. Tapi jangan khawatir karena dengan teknologi zaman sekarang, tanggal mekar bunganya sudah bisa diprediksi dari musim dingin! (Walau tidak pasti 100%)

MUSIM PANAS

"Kalo musim panas berarti hawanya sama kayak Indonesia ya, kak?" Beda. Memang sih suhu nya dalam angka mungkin mirip-mirip sama Jakarta, tapi karena sangat lembap dan matahari nya terik - jadi rasanya lebih panas lagi dibanding Jakarta :(

cr: visitkorea.or.kr

Kalo orang Indo kepanasan kaburnya ke mall, di Korea orang kabur ke pantai! Foto di atas adalah "Haeundae Sand Festival" yang diadakan tiap musim panas di pantai Haeundae, Busan. Tiap tahun mereka membawa tema berbeda yang menarik. Sambil melihat-lihat pasir yang diukir dengan bentuk aneh-aneh, kita juga bisa main ombak di pantai. Mantap!


Selanjutnya ada "Boryeong Mud Festival" yang diadakan di kota Boryeong, di provinsi Chunchongnamdo. Di festival ini kita bisa main berbagai macam game dengan lumpur, dan bahkan berenang dalam lumpur! Ini adalah salah satu festival yang terkenal di antara pemuda pemudi di Korea, karena disini kalian bisa perang dengan lumpur sama temen-temen (atau bahkan sama orang gak dikenal), seru banget yah kayaknya? Admin sendiri juga berencana mengunjungi festival ini pada musim panas mendatang. Semoga jadi ya, supaya kita bisa share pengalaman kita ke teman-teman :)

MUSIM GUGUR

Musim gugur ini bisa dibilang musim paling asing di telinga orang Indonesia, karena ga kebayang gitu kayak gimana. Musim ini adalah favorit banyak orang karena cuacanya enak - suhunya pas, anginnya pas, semua muanya pas deh pokonya :)

cr: biff.kr

Festival yang bisa kita kunjungi di musim ini adalah "Busan International Film Festival", yang bisa dibilang salah satu Festival Film yang paling terkenal di Asia. Selain melihat aktor/aktris terkenal dari seluruh dunia, kita juga bisa menonton banyak film mulai dari film indie sampai film-film produser terkenal - yang tentunya udah disaring dulu sebelum diputar. Teman-teman bisa menikmati film-film tersebut di banyak bioskop dalam kota Busan selama festival berlangsung.

Seoul International Fireworks Festival
cr: visitseoul.net

Yang terakhir adalah "Seoul International Fireworks Festival"! Festival ini diadakan setiap tahun di bulan Oktober, di Yeouido Hangang Park, di depan 63 Building. Perlu dicatat bahwa disarankan untuk mengambil tempat dari siang kalau kalian mau mendapat tempat yang strategis! Dikarenakan kalo udah sore, semua transportasi umum akan rame sama orang dan udah susah cari tempat yang strategis :) Oh iya, festival ini juga di adakan di Busan loh. Jadi jangan kelewatan juga buat yang lagi di Busan :-)

Sekian post hari ini tentang berbagai macam festival di Korea! Silahkan komen di bawah kalo ada pertanyaan, atau kalo mau tau lebih lanjut tentang festival-festival di atas. Terima kasih!

Untuk kamu,

#darikorea

No comments:

Post a Comment