Thursday, October 26, 2017

Wisata Chungcheongbuk-do: Itinerary 1 Hari 2 Malam

Halo semua!
안녕하세요~

Pada bulan Oktober dan November, banyak turis yang berwisata untuk melihat keindahan Korea di musim gugur. Cuaca di musim gugur juga sejuk banget dan cocok buat jalan-jalan! Mengawali musim gugur kali ini, tim #darikorea berwisata ke Chungcheongbuk-do. Seperti apa keseruannya? Ayo baca kisah lengkapnya!


DAY 1 Seoul - Danyang

Danyang merupakan area yang terkenal dengan keindahan alamnya, dibuktikan dengan adanya "8 Scenic View of Danyang" (단양팔경) yaitu delapan tempat indah di Danyang. Haseonam, Jungseonam, Sangseonam, Sainam, Gudambong, Oksunbong, Dodamsambong dan Seokmun, sering dikunjungi sejak jaman Dinasti Joseon dan memiliki banyak sejarah penting.

Cara ke Danyang:
Bus
Dong Seoul Bus Terminal - Danyang Intercity Bus Terminal
(2 jam 30 menit, 13.300won).
Kereta
Cheongnyangni Station - Danyang Station
(Mugunghwa 2 jam 6 menit, 10.700won / ITX-Saemaeul 1 jam 58 menit, 15.900won)


Destinasi pertama kita di Danyang adalah Goa Gosu (Gosu Cave). Gosu Cave adalah salah satu goa alam yang paling terkenal di Korea dan terdaftar sebagai "Natural Monument No. 256". Sebelum masuk goa agak takut juga nih karena gelap, tapi ternyata sepanjang goa sudah dipasang lampu jadi pengunjung nggak akan kesulitan melihat sekitar. Jalan setapak sudah dibuat jadi sangatlah aman untuk menjelajahi isi goa. Bahkan di dalam ada photo spot juga! Tapi ingat kalian harus kuat berjalan kaki kira-kira 1,7km yaa!

Alamat:
8, Gosudonggul-gil, Danyang-eup, Danyang-gun, Chungcheongbuk-do
충청북도 단양군 단양읍 고수동굴길 8
Tiket:
Dewasa 11.000won / Remaja: 7.000won / Anak-anak 5.000won


Kemudian kita pergi untuk melihat dua tempat yang termasuk dalam "8 Scenic View of Danyang", yaitu Dodamsambong Peak dan Seokmun. Dodamsambong Peak merupakan tiga bongkahan batu besar yang berada di tengah-tengah sungai Namhangang. Batu-batu ini konon punya kisah menarik. Batu terbesar disebut Janggunbong (Batu Suami), batu yang di kiri disebut Cheopbong (Batu Selir) dan batu yang di sebelah kanan disebut Cheobong (Batu Istri). Kisahnya adalah seorang istri yang marah pada suaminya yang memiliki wanita lain (selir). Kalo diperhatikan baik-baik, Batu Selir terlihat seperti sedang hamil!

Nggak jauh dari Dodamsambong Peak, kita berjalan kaki (dan agak mendaki bukit.........) menuju ke Seokmun. Seokmun adalah 'gerbang batu' yang berbentuk pelangi. Kita bisa melihat sungai Namhangang dari sela-sela gerbang batu ini. Indah banget ya!
  
Alamat:
644-33, Sambong-ro, Maepo-eup, Danyang-gun, Chungcheongbuk-do
충청북도 단양군 매포읍 삼봉로 644-33 (매포읍)



Lapar nih, mari makan siang dulu! Kita pergi ke Gugyeong Tradisional Market untuk menyantap makanan khas Danyang. Ada 순대, 떡갈비, 마늘 닭강정 dan 새우만두. Lebih lengkapnya lihat postingan yang INI. Kita bisa melihat banyak bawang putih dijual di pasar ini. Karena ternyata bawang putih merupakan salah satu hasil utama dari Danyang! Nggak heran juga kalo makanan-makanan disini sangat kental dengan aroma bawang putihnya.

Alamat:
31, Dojeon-5-gil, Danyang-eup, Danyang-gun, Chungcheongbuk-do
충북 단양군 단양읍 도전5길 31






Setelah kenyang, destinasi selanjutnya yang kita tuju adalah Mancheonha Skywalk. Dari namanya aja pasti teman-teman sudah menebak, tempat seperti apa ini. Kita bisa melihat pemandangan indah Kota Danyang dari atas observatory yang terletak di atas bukit. Mancheonha Skywalk ini baru dibuka pada bulan Juli 2017 yang lalu, nggak heran kalo tempat ini lagi 'hit' banget dan banyak banget turis yang datang. Admin sampai harus menunggu satu jam untuk bisa menaiki shuttle bus menuju ke atas skywalk.

Alamat:
94, Aegokni, Jeokseongmyeon, Danyang-gun, Chungcheongbuk-do
충북 단양군 적성면 애곡리 94
Tiket:
Skywalk 2.000 won
Zip Wire 30.000 won

DAY 2 Danyang - Chungju & Jecheon


Mengawali hari kedua, kita meluncur ke Kota Chungju yang berjarak kurang lebih satu jam perjalanan dari Danyang. Kita menuju ke Chungjunaru untuk menaiki kapal cruise diatas Chungjuho Lake. Danau Chungjuho ini merupakan danau terbesar di Korea, lho! Diatas kapal ferry, kita bisa menikmati pemandangan yang sangat cantik dari batu-batu dan bukit dari gunung Woraksan. Perjalanan kapal cruise menghabiskan waktu kira-kira selama satu jam.

Alamat:
3811-19, Worak-ro, Danyang-gun, Chungcheongbuk-do
충청북도 단양군 단성면 월악로 3811-19 , 충주시 동량면 화암리 산 11-1
Tiket:
Dewasa: 10.000 won (one way), 15.000 won (round trip)





Untuk mengakhiri trip kali ini, kita berkunjung ke Cheongpung Cultural Properties yang terletak di Kota Jecheon. Tempat ini terkenal akan kerajinan kertas tradisional Korea, atau yang biasa disebut Hanji. Disini tim #darikorea melihat cara pembuatan Hanji dan belajar menghias lampu dengan Hanji. Seruuuuuuu banget! Apalagi hasil yang kita buat tentunya boleh dibawa pulang. Lampu handmade buatan sendiri ini sekarang menghiasi kamar admin, hehe :D

Alamat:
2048, Cheongpungho-ro, Cheongpung-myeon, Jecheon-si, Chungcheongbuk-do
충청북도 제천시 청풍면 청풍호로 2048
Tiket:
Hanji Lamp: 25.000 won

Cukup sekian untuk kisah perjalanan kita kali ini. Semoga membantu teman-teman yang mempunyai rencana untuk menjelajah Chungcheongbuk-do yaaa!

Untuk kamu,

#darikorea

1 comment: