Friday, November 11, 2016

Hari PEPERO di Korea: Asal Usul dan Kehebohannya di Korea!


Halo teman-teman!
안녕하세요 친구들!

Hari ini kita akan membahas tentang PEPERO DAY atau hari Pepero (빼빼로 데이) yang dirayakan hari ini, tanggal 11 November! Teman-teman pasti sering mendengar tentang perayaan hari ini, mungkin melalui acara atau artis-artis Korea :)

Yuk kita bahas lebih lanjut tentang perayaan Pepero Day!

Image result for exo pepero

Image result for pepero


cr; as tagged


Apa itu pepero? 
Pepero adalah snack yang di produksi oleh perusahaan Korea yaitu Lotte. Pepero adalah biskuit berbentuk stik yang dilapisi dengan berbagai macam rasa seperti coklat/kacang/vanilla, dll. Mirip sama pocky deh :)

Gimana sih ceritanya tanggal 11 November ini bisa jadi Pepero Day? 
Apakah karena bentuk snack Pepero ini seperti angka 1? (11 November = 11.11) Sebenarnya ada beberapa 'cerita' dibalik Pepero Day ini, tapi sampe sekarang pun tidak ada yang tahu pastinya!

1) Pepero Day katanya berawal dari tren yang menyebar di antara siswi-siswi SMA di sebuah sekolah di daerah Gyongnam, Korea. Siswi-siswi di sekolah tersebut mulai tukeran Pepero pada tanggal 11.11 sambil berkata "semoga lu kurusan kayak batang pepero ini!" Selain karena batang snack tersebut langsing, arti kata 빼빼 (pepe) sendiri adalah kurus dalam bahasa Korea.

2) Pepero Day disebut juga sebagai salah satu taktik marketing dari perusahaan Lotte. Karena kenyataannya, 50-60% jumlah penjualan Pepero dalam setahun adalah pada Pepero Day! (percaya ga percaya)

Image result for pepero
cr: koreaboo

Bagaimana orang di Korea merayakan Pepero Day?
Nah zaman sekarang ini, Pepero Day jadi identik dengan tuker-tukeran Pepero antara pasangan kekasih. Mirip banget deh sama Valentine's Day, dimana toko-toko juga menjual Pepero spesial dengan boneka atau bunga. Bahkan seperti contoh foto diatas, cewe-cewe Korea suka membuat atau menghias Pepero ala mereka sendiri buat pacar! Niat banget ya :D

Gimana kalo ga punya pacar? Jangan sedih, tuker-tukeran aja sama temen :") #senasib

Pengalaman kita sendiri disini, biasanya kita tuker-tukeran Pepero dengan teman-teman di sekitar kita. Temen sekolah atau temen kantor gitu. Di Pepero kita bisa tulis pesan untuk teman kita, atau tempel post it diatasnya.

Menurut kita, ini adalah hari yang tepat untuk mengungkapkan rasa sayang atau terima kasih kalian untuk teman-teman/orang di sekitar kamu. Kadang kita lupa untuk mengungkapkannya, jadi ini adalah momen yang tepat! Happy Pepero Day 

Untuk kamu,

#darikorea

No comments:

Post a Comment