Monday, November 7, 2016

Seoul Bike - Asiknya Sepedaan di Kota Seoul!

Halo teman-teman!
안녕하세요~

Korea Selatan diakui sebagai salah satu negara dengan fasilitas transportasi umum yang modern. Terutama di kota besar seperti Seoul, meski tidak punya kendaraan pribadi warga tidak kesulitan untuk berpergian kemanapun karena transportasi umum seperti bus, subway dan taksi selalu tersedia.

Lihat post kita tentang transportasi di Korea DISINI.

Tapi tahu nggak, kamu juga bisa bersepeda di tengah kota Seoul lho. Eits, bukan sekedar menyewa sepeda dipinggiran Hangang River, tapi beneran bersepeda di jalan-jalan utama! Lebih lanjut baca kisah kita yuk!




     Seoul Bike atau biasa disebut dengan Ttareungi (따릉이) adalah fasilitas transportasi yang baru dimulai sejak awal tahun 2015. Karena fasilitas ini belum lama dibuat, maka orang-orang Korea sendiri pun masih banyak yang tidak mengetahui tentang Seoul Bike. Lebih lanjut tentang Seoul Bike, silahkan kunjungi www.bikeseoul.com 

cr: bikeseoul

Selain bahasa Korea, website-nya pun tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang dan Mandarin. Jadi para turis yang datang ke Seoul juga bisa menggunakan fasilitas ini. Meskipun begitu, karena Seoul Bike masih terbilang baru jadi cara meminjam sepedanya masih agak ribet dan turis harus memiliki kartu T-Money. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buat ID (Sign Up)
Kunjungi website www.bikeseoul.com kemudian pilih English
Klik Sign Up > Register as an foreigner member > Isi sesuai petunjuk

2. Membeli Voucher
Log In > masukkan ID dan password
Klik Purchase Voucher > Pilih One-day vouchers (voucher satu hari) atau Seasonal vouchers (lebih dari satu hari)
Submit pembayaran dengan kartu kredit

3. Mendaftarkan Kartu T-Money
Klik Card Registration > Masukkan nomor kartu T-Money kamu


Setelah proses registrasi selesai, tinggal mendatangi 'parkiran' dimana sepeda Seoul Bike berada deh! Foto diatas adalah Seoul Bike yang tersedia di depan Changdeokgung Palace. :D



Sepeda Seoul Bike tersebar di penjuru Seoul. Cara mengecek jumlah banyaknya sepeda di setiap parkiran adalah dengan melihat di website atau aplikasi di smartphone kamu. Pilih Rental Stations > Real-Status maka akan terlihat peta seperti gambar diatas.

 

Setelah menemukan parkirannya, tinggal ikuti prosedur meminjam sepeda seperti berikut:

1. Masukkan 4 digit password (yang kamu pilih saat membuat ID)

2. Tempelkan kartu T-Money

3. Setelah terdengar suara > tarik kunci yang menempel disamping layar

4. Kamu bisa menggunakan sepedanya deh!



Asik banget menelusuri tengah kota Seoul dengan bersepeda! Rute yang tim #darikorea rekomendasikan adalah Myeongdong - City Hall - Gwanghwamun - Gyeongbokgung Palace. Selain teman-teman bisa mengunjungi empat tempat wisata yang paling terkenal di Seoul, jaraknya pun berdekatan lho! Jadi tidak begitu capek hehe. Rute lainnya yang bisa dicoba adalah Insadong - Changdeokgung/Changgyeonggung Palace - Bukcheon Hanok Village.


 
Tapi ingat yaa, harus berhati-hati, jangan ngebut-ngebutan! Hehe. Lihatlah lampu dan rambu lalu lintas dengan baik. Ikuti jalur merah seperti diatas, karena merupakan jalur khusus pengendara sepeda.




 
     Sayangnya, ada batas waktu untuk menggunakan fasilitas Seoul Bike. Sekali meminjam sepeda hanya dibatasi hingga 60 menit saja. Artinya, kamu harus mengembalikan sepeda ke 'parkiran' terdekat sebelum satu jam. Tidak harus parkiran dimana kamu meminjam sepeda tersebut, bisa di parkiran lain kok! Dan jika kamu ingin melanjutkan perjalanan, kamu bisa meminjam ulang kembali sepedanya. Tidak ada batas hingga berapa kali. Tapi kamu tetap harus mengembalikannya SETIAP satu jam.

Ribet ya? Memang sih. Tapi beneran deh Seoul Bike itu seru banget! Admin aja sampai ketagihan nih, hehe. Mumpung masih banyak yang belum tahu tentang fasilitas ini, jadi sepeda selalu tersedia dimanapun :D

Sekian post kali ini, sampai jumpa di post lainnya ya!

Untuk kamu,

#darikorea
 

 


1 comment:

  1. Kalau misalnya kita telat mengembalikan sepedany itu dalam sejam gimana?

    ReplyDelete