Thursday, November 3, 2016

Ingin Wisata ke Korea? Cari Tahu yuk Jenis Penginapan di Korea!

Halo teman-teman!
안녕하세요~

Tahun 2016 sudah memasuki bulan November, tandanya sebentar lagi liburan nih! Kamu punya rencana untuk berkunjung ke Korea? :D Kalau iya, wajib baca post kita kali ini nih! Karena kita mau share tentang penginapan apa yang bisa teman-teman pilih saat jalan-jalan ke Korea. Penasaran kan? Yuk ikuti kisah selengkapnya! :D

The Plaza Hotel / cr: google

     Jenis-jenis penginapan di Korea ada banyak banget! Mulai dari yang murah (bahkan gratis) hingga yang mahal. Sebelumnya kita ingin beri tahu bahwa post ini 100% opini dari tim #darikorea dan bukan promosi untuk pihak manapun. 


The Shilla Seoul / cr: alcchosun
1. Hotel
 
      Ada banyak jenis hotel di Korea mulai dari bintang 3 hingga bintang 5, brand dalam negeri maupun internasional. Selain fasilitasnya, lokasi hotel juga merupakan hal yang wajib diperhitungkan sebelum memilih. Salah satu hotel yang sering diminati oleh turis adalah IBIS Ambassador Myongdeong, JW Marriot Dongdaemun karena lokasinya yang strategis di area turis. Atau bagi teman-teman yang punya kocek yang lebih, bisa coba menginap di Banyan Tree Club & SPA Seoul, Park Hyatt Hotel atau The Shilla Seoul Hotel yang merupakan hotel-hotel bintang 5 dan memiliki view luar biasa indah.


Jimmy Pastel Guest House / cr: BnBhero
2. Guest House
   
     Salah satu akomodasi yang paling cocok untuk kantong kita-kita (yang pas-pasan) adalah Guest House! Korea mempunyai cukup banyak jumlah guest house, jadi jangan khawatir untuk kehabisan pilihan. Harga menginap semalam di guest house paling murah mulai dari 10.000 won (Rp 120.000) per orang. Sama seperti hotel, tips memilih guest house adalah lokaasi yang strategis: dekat dengan stasiun subway dan di area turis. Memang harganya akan lebih mahal, namun akan lebih worth dan lebih terjamin keamanannya. Contoh lokasi yang oke adalah di Myeongdong atau Hongik Univ (Hongdae) area. Teman-teman bisa mereservasi secara langsung di website dari guest house tersebut atau melalui booking.com atau agoda.com. Tips: lihat juga apakah guest house tersebut telah terpilih oleh Korean Tourism Organization (KTO) sebagai salah satu akomodasi terpercaya (Goodstay). 


cr: AIRBNB
3. AIRBNB
   
     Di kota-kota besar seperti Seoul dan Busan, pilihan akomodasi AIRBNB sudah mulai menjamur. Jika teman-teman berpergian dengan grup lebih dari 3 orang, AIRBNB merupakan pilihan yang tepat! Karena selain bisa menginap dalam satu kamar, harga yang ditawarkan lebih murah daripada menginap di hotel bahkan di guest house! Host AIRBNB juga biasanya menyediakan 'pocket WiFi' yang bisa teman-teman gunakan selama jalan-jalan di Korea. Pilihlah airbnb dengan review terbaik atas kebersihannya dan lokasinya. Note: pemerintah Korea masih mengecap AIRBNB ilegal, jangan heran kalau host akan meminta teman-teman berpura-pura sebagai keluarga atau kerabat mereka. Jangan bilang bahwa teman-teman adalah turis yang menginap dengan menggunakan AIRBNB. Tapi tidak perlu khawatir, admin pernah menginap di AIRBNB di Seoul dan sangat nyaman tanpa masalah apapun kok! :)


Moon Guesthouse / Cr: booking.com
4. Hanok
   
     Bagi teman-teman yang menginginkan pengalaman berbeda selama di Korea, bisa banget untuk mencoba menginap di Hanok alias rumah tradisional Korea. Memang harga permalam menginap di Hanok terbilang mahal dan fasilitasnya juga kurang lengkap dibandingkan hotel ataupun guest house. Tapi kapan lagi bisa menginap di rumah tradisional Korea kalau bukan di Koreanya sendiri, yakan? :)
Teman-teman bisa search di google dengan 'Hanok Guest House in Seoul'.

cr: couchsurfing
5. Couchsurfing

     Mungkin beberapa dari teman-teman masih ada yang asing dengan Couchsurfing. Couchsurfing adalah sebuah website dimana orang-orang di penjuru dunia yang memiliki akomodasi lebih bisa meminjamkan kamar mereka ke turis yang ingin berkunjung ke kota mereka tinggal. Nah sebagai turis, kita bisa meminta seseorang untuk menumpangi kita dirumahnya secara gratis! Cocok banget untuk teman-teman berjiwa traveler sejati haha. Cukup membuat akun di www.couchsurfing.com post tanggal kunjungan kalian di Korea. Kemudian tunggu respon dari para CS Host, deh :)


cr: Nate
6. Jjimjilbang

     Jjimjilbang adalah tempat sauna ala Korea. Loh kok menginap di sauna? Yup, benar banget teman-teman bisa menginap di Jjimjilbang! Tapi yang ini hanya pilihan untuk irit biaya penginapan semalam, misalnya. Jika teman-teman pergi keluar kota Seoul, contohnya ke Busan selama satu malam saja, nah menginap di Jjimjilbang bisa menjadi pilihan! Dibanding menginap di guest house, harga menginap di jjimjilbang pastinya lebih terjangkau. Range harga mulai dari 6000 won saja (Rp 72.000). Lihat post kita tentang jjimjilbang disini.

Bagaimana? Sudah ada bayangan belum akan menginap dimana saat teman-teman berkunjung ke Korea? :) Sekian dulu post kita kali ini dan sampai jumpa di post yang seru selanjutnya!

Untuk kamu,

#darikorea


1 comment: