Tuesday, September 13, 2016

Biaya Hidup di Korea Selatan: Tempat tinggal, Makanan, Transportasi, dan Lainnya!

Halo teman-teman!
안녕하세요 친구들!

Sesuai request dari teman-teman sekalian, hari ini kita akan membahas biaya hidup di Korea. Mulai dari harga tempat tinggal, harga makanan, transportasi, dan lain-lain. Post ini berdasarkan pengalaman admin-admin sendiri yang pernah kuliah di Korea dan sekarang masih tinggal di Korea - serta sedikit research dari website-website Korea. Informasi yang akan dibahas dibawah adalah rata-rata biaya hidup di Korea, jadi bisa lebih atau kurang tergantung keperluan masing-masing pribadi.

Perlu diingat juga bahwa admin menulis post ini dengan fokus kota-kota besar seperti Seoul atau Busan, dan juga berdasarkan kurs 1 won = +11,5 rupiah (September 2016). Selamat membaca dan semoga post ini bisa membantu teman-teman yang punya rencana lanjut studi atau kerja ke Korea ^^



1) Biaya Tempat Tinggal


Untuk jenis tempat tinggal dan harga-harganya, kita sudah pernah bahas di post DISINI. Ada banyak sekali pilihan jenis tempat tinggal di Korea, dengan jangka harga yang bermacam juga. Selamat memilih tergantung kebutuhan dan budget teman-teman ^^


2) Makanan


Tentu biaya makan di Korea juga sangat beragam. Harga makanan di restoran biasa sekitar 6.000 Won - 12.000 Won. Untuk teman-teman yang mau hidup irit, admin juga menyarankan untuk masak sendiri di rumah. Beli bahan-bahan dari supermarket, dan bisa bawa bumbu-bumbu juga dari Indonesia. Bisa lebih irit juga kalau patungan dengan teman-teman lainnya tentu ^^

Untuk teman-teman yang tinggal di asrama, biasanya dari pihak asrama akan memberikan makan pagi dan makan malam (bisa termasuk/tidak termasuk biaya asrama, jadi jangan lupa di cek!) jadi teman-teman bisa menyimpan uang dengan cara makan di asrama.


3) Transportasi


Kita juga sudah pernah membahas tentang transportasi Korea di blog kita, yaitu DISINI. Bisa dibaca juga di post itu bahwa harga kendaraan umum di Korea memang tidak murah. Tapi sebagai gantinya, kita bisa menikmati fasilitas yang bagus, bersih, tepat waktu, dan juga sudah terjadwal jadi sangat mudah untuk digunakan.


4) Listrik dan Air


Apabila teman-teman tinggal di asrama, tentu saja harga listrik dan air sudah termasuk di dalamnya. Tapi untuk teman-teman yang tinggal di luar dari asrama, biasanya harus bayar terpisah. Harga juga tergantung wilayah dan jenis tempat tinggal teman-teman. Biasanya harga listrik bisa jadi mahal saat puncak musim panas atau musim dingin karena pemakaian AC atau heater (pemanas) berlebih, jadi hati-hati yah!

Jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu, berapa kira-kira pengeluaran listrik dan air untuk rumah teman-teman. (biasanya harga listrik dibawah 15,000 Won)

5) Keperluan lain-lain.


Keperluan lain-lain yang admin maksud disini adalah seperti: pulsa HP, nongkrong, belanja, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan teman-teman! Untuk pulsa HP, teman-teman bisa memilih paket yang mau dipakai sesuai kebutuhan. Tapi perlu diingat bahwa harga pulsa di Korea lebih mahal dari di Indonesia (biasa paket mulai dari 30.000 Won tergantung provider).

Untuk nongkrong misalnya di kafe, harga satu gelas kopi di daerah Seoul bisa mencapai 5,000 Won. Bisa dibilang mirip dengan harga 1 porsi makanan! Lalu kalau teman-teman mau belanja (apalagi untuk para mahasiswa yang mau irit) bisa memilih untuk belanja ke underground shopping center atau mal di terminal bis seperti yang pernah kita bahas DISINI.

Mungkin banyak juga teman-teman yang bertanya tentang biaya kuliah di Korea Selatan. Biaya kuliah disini sangat beragam tergantung universitas, jadi teman-teman bisa langsung mengecek di website universitas yang teman-teman mau tujui.

Sekian post hari ini. Semoga bisa membantu, dan jangan lupa komen dibawah kalo ada pertanyaan lebih lanjut seputar topik ini! Makasih dan sampai jumpa di Korea~! :D

Untuk kamu,

#darikorea

8 comments:

  1. makasih kaak udh di share... berguna banget deeh

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat, terimakasih sudah share :)

    ReplyDelete
  3. harganya gak mahal2 bgt yaa dibanding ama indonesia

    ReplyDelete
  4. Terimakash sharingnya. Anak sy mulai Feb17 di DKU Jukjeon, mohon tanya overseas insurance sbaiknya dibeli di Indo atau di Korsel? asuransi di Indo semua systemnya reimburs (bgmana kalo pas sakit pas ga megang uang banyak? namanya juga mahasiswa). di Korsel system asuransinya bgmana? apakah sama dgn BPJS (Indo) atau Medicare (Oz) mksdnya langsung berobat, ga usah pake uang sendiri dulu?
    Kalo boleh beli disana, tolong referensi asuransi yg covernya bagus dan murah.
    Terima kasih ya dek, atas waktunya dan jawabannya.
    Semoga kembali ke Indo nanti menjadi generasi muda yang hebat buat bangsa dan keluarga.
    Salam.

    ReplyDelete
  5. Halo buat kakak dan teman2 admin lainnya...
    kak mau tanya dong, kak pasti udah banyak teman dekat yang orang korea kan, nah ada gak dari mereka yang kuliahnya sambil kerja partime gitu di cafe atau direstoran, buat ngisi waktu luar kuliah, kalo ada gimana sih pengalamannya , seru gak ?
    mohon jawaban dan sharingnya ya kaa...
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  6. Kak? Ambil beasiswa? KGSP? Waktu kakak dulu, yang mendaftar KGSP berapa org?

    ReplyDelete
  7. Klo mau kerja disana kira-kira apasaja yg perlu dipersiapkan (segala macam surat2)..gamsahamnida🤗

    ReplyDelete
  8. Ayo Daftar Sekarang, Nikmati Freechip Berlimpah Setiap Hari... Join Disini Banyak Jenis Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

    x123x1

    ReplyDelete