Wednesday, September 7, 2016

Jalan-jalan ke Gedung KBS di Seoul: KBS World Radio Indonesia

Halo teman-teman!
안녕하세요 친구들!

Hari ini kita mau share pengalaman kita berkunjung ke GEDUNG KBS (Korean Broadcasting System) yang berada di Yeouido, Yeongdeungpo-gu, Seoul. Semua pecinta Korea dan K-pop pasti tau dong apa itu KBS? KBS adalah salah satu stasiun televisi di Korea Selatan yang dimiliki oleh pemerintah. Acara-acara terkenal dari stasiun televisi ini ada Music Bank, 1 Night 2 Days, Happy Together, dan banyak sekali drama termasuk DOTS atau Descendant of the Sun yang keluar tahun ini :)


Salah satu lagi alasan kenapa stasiun televisi ini tidak asing di telinga orang Indonesia adalah karena channel KBS World yang tayang di Indonesia! Teman-teman jadi bisa menonton acara/drama Korea dengan subtitle bahasa Inggris ataupun Indonesia. 

Selain stasiun TV, KBS juga punya radio. Salah satu siaran yang paling terkenal adalah "Super Junior Kiss The Radio" yang tayang di Cool FM. Nah, selain di TV dan radio Korea, apakah teman-teman tau kalau KBS juga punya radio internasional yaitu KBS World Radio? Stay tune!



Gimana caranya ke gedung KBS? Naik subway ke Line 9, dan turun di National Assembly Station (국회의사당). Dari situ teman-teman tinggal cari Exit nomer 4, dan di luar akan langsung ada petunjuk besar menuju ke arah KBS. Tidak jauh kok dari stasiun :)



Nah, kali ini kita mengunjungi salah satu gedung KBS yaitu 본관 (bon-gwan). Teman-teman bisa melihat salah satu ruang tunggu/istirahat di dalam foto diatas. Pasti familiar untuk teman-teman yang sering nonton acara Korea. Lalu yang pasti karena ini adalah kantor stasiun televisi, penjagaannya sangat ketat. Hanya mereka yang punya ID card yang bisa masuk. Loh kok Tim Dari Korea bisa masuk?? Lanjut baca ajaa :)




Hari itu, kita dari Tim Dari Korea dateng untuk melihat tempat rekaman KBS World Radio: Siaran Bahasa Indonesia! Untuk teman-teman yang belum tahu, KBS World Radio adalah stasiun radio milik KBS yang tayang di berbagai negara di dunia dalam bahasa lokal. Ada Inggris, Cina, Jepang, Arab, Rusia, Vietnam, Prancis, dll termasuk Indonesia - total ada 11 bahasa.

Siaran Bahasa Indonesia sendiri dimulai dari tahun 1975. Programnya ada banyak - mulai dari berita, budaya, entertainment, sampai k-pop! Untuk selengkapnya bisa dibaca di http://world.kbs.co.kr/indonesian/ :)

Untuk teman-teman yang mau denger siaran Bahasa Indonesia, bisa langsung buka di websitenya (denger lewat internet) atau stay tune di Radio Camajaya 102.6 FM (untuk daerah Jakarta) setiap hari Senin-Sabtu jam 7-8 malam.



Hari itu kita berkesempatan untuk melihat rekaman salah satu program di KBS World Siaran Bahasa Indonesia yaitu K-PO! K-Po adalah program di radio KBS yang membahas berita-berita seputar dunia selebritis Korea dan juga K-pop. Selengkapnya tentang program ini bisa dilihat langsung di website mereka, DISINI.

Setelah melihat rekaman untuk K-Po dan Jelajah Sudut Korea yang berlangsung kira-kira 1 jam, kita bertemu dengan salah satu DJ K-Po yaitu DJ Kevin - untuk bertanya lebih lanjut seputar KBS World Radio Siaran Bahasa Indonesia. Gimana sih serunya bekerja satu gedung sama artis-artis Korea? Stay tune!

DJ Kevin dari K-Po

DJ Kevin atau Kevin Lanov (@kkevvs_) adalah seorang mahasiswa di Seoul University atau SNU - universitas nomor satu di Korea Selatan. Sekarang dia sedang menyelesaikan studi S1-nya dalam jurusan Electrical and Computer Engineering. Gimana ceritanya dia bisa jadi DJ di KBS World Radio Siaran Bahasa Indonesia?

"Aku pertama ikut audisi dulu di KBS setelah dapet rekomendasi dari seorang teman yang adalah DJ di sini. Aku sebenernya pendengar radio KBS dari jaman masih di Indonesia, dari jaman SMP. Jadi rasanya aneh juga ya - sekarang bisa tinggal di Korea dan jadi DJ di radio ini."

DJ Kevin udah jadi DJ di radio KBS sejak September 2014. Kunjungan kita kemaren adalah tepat 2 tahun sejak siaran pertama dia. Program yang dipimpin oleh DJ Kevin dan juga dibantu oleh DJ Gita ini adalah "K-PO". Programnya seperti apa sih?

"Bisa dibilang K-PO adalah Magazine K (majalah milik KBS) versi Bahasa Indonesia. Setiap minggu kita membahas berita-berita terbaru seputar selebritis Korea, dan juga memutarkan lagu-lagu K-Pop. Kita juga punya berbagai segmen untuk berkomunikasi dengan pendengar kita, seperti "Kata Kamu Kata Aku" dan juga Quiz. Kita ngobrol-ngobrol aja dengar pendengar, rasanya kayak ngegosip tentang artis Korea aja sama temen."

Apa sih suka dan dukanya menjadi DJ di KBS World Radio? "Senang karena bisa melakukan sesuatu yang baru, sebuah challenge yang tidak berhubungan dengan jurusan aku. Apalagi kesempatan ini bukan kesempatan yang semua orang bisa dapatkan. Untuk dukanya, mungkin hanya soal penyesuaian jadwal dengan jam kuliah. Karena aku dan DJ Gita masih mahasiswa yang mengutamakan sekolah, mau tidak mau jadwal rekaman terus ganti setiap semester."

DJ Kevin dengan Park Myungsoo (cr: instagram @kkeevs_)

NAH! Sekarang untuk pertanyaan yang pasti paling ditunggu oleh pembaca blog kita, pernah ketemu artis gak selama jadi DJ di KBS? "Berpapasan sih sering, ya. Yang paling sering adalah ketemu Park Myungsoo (박명수) yang adalah seorang gagman dan MC terkenal di Korea. Kebetulan jam rekaman kita tiap minggu hampir sama, dan tempatnya berdekatan, jadi sering ketemu. Untuk idol, aku pernah berpapasan dengan anggota Royal Pirates dan ASTRO. Sebenernya bisa yah dicari karena kita bekerja satu gedung dengan banyak artis, tapi ya belum ada kesempatan."

Pesan untuk pembaca blog Dari Korea? "Jangan lupa dengerin siaran kita kalo mau tau lebih banyak tentang budaya Korea, atau juga berita-berita terbaru tentang Korea. Kita juga punya banyak hadiah loh untuk pendengar kita!"

Terima kasih DJ Kevin :D

Untuk teman-teman yang mau dengerin siaran K-PO, boleh tune in KBS World Radio Siaran Bahasa Indonesia setiap hari Sabtu jam 7-8 malam - atau follow mereka di Instagram @kbsindonesian untuk informasi terbaru.

Sekian post kita hari ini. Semoga informasi diatas bisa berguna untuk teman-teman dan sampai bertemu di post selanjutnya~ Annyeong!

Untuk kamu,

#darikorea

2 comments:

  1. waaaaaah semoga bisa kerja disana nantii

    ReplyDelete
  2. Woah serunya... aku kapan ya bisa ke KBS(?)
    Btw, iku screenshot dari K-PO kalau ke bawah, pemenangnya aku haha
    DJ Kevin pernah ketemu ASTRO.. Hmm.. nanti aku tanyain ah kalau kirim surat ke KPO.

    Dari Korea KEREN!!

    ReplyDelete