Wednesday, September 14, 2016

Fakta-fakta Tentang Liburan CHUSEOK (추석) di Korea Selatan!

Halo teman-teman!
안녕하세요 친구들!

Hari ini, 15 September 2016, adalah hari Chuseok (추석) atau Hangawi (한가위) di Korea Selatan. Chuseok atau dibaca Chusok adalah salah satu hari besar disini. Selain hari-H, hari sebelum dan sesudah Chuseok juga adalah hari libur resmi. 

Chuseok adalah festival panen di Korea, yang dirayakan besar-besaran disini. Tiap tahun Chuseok dirayakan pada hari ke-15 bulan ke-8 sesuai kalender lunar

cr: SM Entertainment

Bisa dibilang Chuseok mirip Lebaran kalau di Indonesia. Ibukota juga kosong - jadi suasana mirip deh sama Lebaran. Lebih dari sekedar perayaan, Chuseok adalah momen untuk reuni keluarga secara keseluruhan. Jadi orang Korea biasanya ngapain sih pas Chuseok? Stay tune :)


cr: as tagged

1) Mudik


Sama kayak orang Indonesia kalo lagi Lebaran, orang Korea juga pulang kampung loh! Biasanya mereka naik bis, mobil, atau kereta. Penjualan tiket untuk masa Chuseok biasa dimulai dari sebulan sebelumnya, dan tentu harus berlomba supaya gak keabisan tiket. Bisa dilihat sendiri ramenya seperti di dalam foto diatas. Tapi akhir-akhir ini, banyak juga orang Korea yang memilih untuk menetap di ibukota atau kota-kota besar lainnya saat Chuseok. Mereka lebih memilih istirahat di rumah daripada terjebak macet atau keramaian.

Para artis dan idol kesayangan teman-teman juga pulang kampung lho biasanya. Karena stasiun televisi libur saat Chuseok, biasanya mereka sibuk dengan pre-recording sebelum liburan. 

cr: as tagged

2) Berziarah ke makam leluhur & memberikan persembahan


Biasanya sehari sebeum Chuseok, mereka berziarah untuk membersihkan makam leluhur dan juga melakukan upacara persembahan untuk nenek moyang/leluhur. Upacara persembahan yang disebut Charye (차례) ini biasanya disiapkan di rumah anak laki-laki. Tapi tentu saja upacara persembahan ini tergantung kepercayaan masing-masing keluarga juga. Keluarga yang ber-agama biasanya tidak melakukan upacara ini lagi. 

cr: wikipedia

3) Makan songpyeon


Songpyeon adalah salah satu jenis tteok (rice cake) yang biasanya dimakan saat Chuseok. Kenapa pas Chuseok? Karena bentuknya yang mirip sama bulan sabit. Ini juga adalah salah satu 'sesajen' yang dipersembahkan untuk leluhur saat upacara. Ada songpyeon yang berisi, ada juga yang tidak berisi. Isinya pun beragam mulai dari kacang merah, wijen, kacang kedelai, dll. Biasanya orang sini membuat songpyeon di rumah, tapi jangan khawatir juga karena bisa dibeli di pasar. 

cr: wikipedia

4) Mengunjungi museum/taman nasional


Mengunjungi museum, istana, atau taman nasional di Korea juga adalah salah satu pilihan untuk teman-teman yang tidak pulang kampung. Selain sepi dari pengunjung, biasanya mereka memberikan diskon untuk merayakan Chuseok. Bahkan beberapa tempat wisata jadi gratis kalau teman-teman datang waktu Chuseok dengan memakai hanbok (baju tradisional Korea). 

Sekian post hari ini tentang Chuseok di Korea Selatan. Semoga bisa menjadi post yang informatif untuk teman-teman. Buat yang punya teman Korea, jangan lupa ucapkan "즐거운 추석 보내세요 (jeul-geo-un Chuseok bo-nae-se-yo)" atau Selamat Merayakan Chuseok! Terima kasih dan sampai jumpa di post selanjutnya.

Untuk kamu,

#darikorea

No comments:

Post a Comment