Wednesday, April 27, 2016

Budaya Korea yang Selalu ada Untuk Kita, Kapanpun dan Dimanapun!

Helloooooo~~!
안녕하세요~~~!

Kabar kabarnya di Indonesia khususnya di Jakarta lagi musim hujan yaaa? Korea juga lagi pancaroba nihhh. Sebenarnya Spring tapi suhunya turun naik terus! Kemarin panaaaaaaaas banget, terus besoknya jadi dingin, berangin dan bahkan hujan:(
Kondisi cuaca yang ga jelas seperti ini bikin pengen seharian didalam selimut, malas keluar, malas masak, malas makan gak sih? Tapi oh no! perut harus diisi!!!
Terus gimana dong? Laper tapi mager.... Yak betul!!! jawabannya adalah: D E L I V E R Y!

Yah... apasiiiih gitu aja sih semua orang juga tau-,- Eits! jangan kecewa dulu! Karena budaya delivery Korea ini berbeda dari delivery-delivery biasa yang selama ini kita ketahui! Apa sih yang spesial dari delivery Korea? yuk kita bahas~~~!




Delivery atau bahasa Koreanya: 배달 (baedal), adalah suatu kebiasaan yang sudah berkembang biak bersama Korea dari semenjak dahulu kala. Bahkan sangking terbiasanya dengan sistem delivery ini, ada beberapa restoran yang memang khusus hanya untuk delivery alias tidak bisa makan di restonya. Bukan berarti orang Korea males, atau mageran sehingga banyak layanan baedal, tapi karena kebiasaan orang Korea yang terlalu gigih dalam bekerja dan belajar, sehingga tidak ada waktu buat mereka untuk pergi beli makanan. Oleh karena itu mereka baedal aja deh #bissssssaaja

Eh tapi bener loh! Buktinya, kita bisa melihat banyak orang Korea baedal itu disaat-saat seperti:
1. Minggu ujian! Biasanya siswa siswi sibuk belajar sampai lupa urusan perut! Langsung saja telfon dan makanan diantar ke asrama, ke lab, ke perpustakaan atau kerumah. Jadi tak perlu menghabiskan waktu untuk beli makanan, bisa lanjut belajar, perut pun selamat!
2. Ketika para pekerja lembuuuuur! Bekerja sampai larut malam sudah menjadi hal biasa ya tentunya ga cuman di Korea tapi juga di Indonesia. Di Korea terutama pantang pulang sebelum kerjaan selesai (juga pantang pulang sebelum Senior pulang). Namun hari ini lembur pun besok harus tetap masuk! jadi kesehatan harus dijaga terus dengan cara makan dijaga. Oleh karena itu, baedal aja langsung ke kantor~ perut kenyang, waktu tak terbuang, kerja pun jadi lancar!

Kami sendiri awalnya masih belum terbiasa dengan sistem delivery di Korea ini, namun lama lama ketagihan juga. Apalagi kalau lagi lapar malam malam, bersama teman teman, patungan baedal ayam. Waaaaah rasanya mantaaap! Makanan yang paling sering dipesan baedal adalah ayam. Berikutnya Pizza dan masakan Cina juga banyak yang mem-baedal.

Nah supaya lebih real lagi nih, kita akan share juga kaya apa sih si baedal ini. Langsung dari pengalaman kita yang dilanda kelaparan dimalam yang gelap hehehe.


Pertama tama yang kita lakukan adalah pilih menu! Biasanya saat baedal makanan, kita akan dikasih menu versi kecil yang bisa ditempel dikulkas. Jadi ketika lapar dan gatau mau makan apa, atau gatau nomer telfonnya, lihat aja kulkas! Nah, kalau kalian bukan tipe yang suka ngumpulin menu dikulkas (seperti kita yang cuman punya duaㅠㅠ), langsung aja ketik di internet dan semua menu dan harga semua terpampang disana hehe. Tinggal telfon, sebut menu dan size nya, sebut alamat.... tunggu sebentar... sampe deh! Kalau merasa kesusahan karena kalau telfon harus pake bahasa Korea, download aja application-application pemesan makanan di hp kita. Tinggal click!


ps: foto ayam nya kecil aja ya, biar kalo ada yang laper gak tambah laper karena baca post kita hehehe:P

 Anyway, ini salah satu merek ayam favorit kita. Dua rasa ayam (atau biasa disebut 반반, ban-ban, atau setengah setengah) plus side dish dan cola dengan size ini bisa untuk makan sekitar 3 orang:) Restoran ayam atau pizza di Korea rata rata memakai idol atau artis artis jadi iklannya, seperti restoran favorit kita ini Yoo Jaesuk. Dulu ada juga Kyochon Chicken dengan model Super Junior, kalau pesen ayamnya pas tahun baru dikasih kalender khusus Super Junior loh!

 Saat pesan biasanya kita juga dikasih kupon nih. Sistem pemakaian kuponnya berbeda beda. Namun rata rata, kalau kupon sudah terkumpul 10 buah maka kita bisa dapat satu menu ayam gratis! Makaya kalau habis pesan, jangan lupa simpen kuponnya ya:)

Daritadi ngebahas soal delivery baedal baedal an nih, tapi perasaan sama sama aja kaya pesan antar di Indonesia? Apa spesialnya dong? Nah ini dia spesialnya! Di Korea kita bisa baedal kapanpun dan dimanapun! Rata-rata restoran dengan sistem baedal buka 24 jam! Karena seperti yang sudah dibahas diatas, kadang kita bekerja atau belajar terlalu keras sampai larut malam dan lupa isi perut. Nah saat itulah baedal beraksi menyelamatkan dunia! Baedal juga gak cuman ke rumah atau ke gedung yang punya alamat! Kemanapun! Dimanapun! Bahkan dalam hutan pun bisa baedal loh (based on pengalaman kita sendiri yang pernah pesan makanan di 서울숲 atau Seoul Forest haha) Ditengah lapangan atau ditengah taman luas pun, baedal Korea setia mengantarkan makanan kita. Contohnya ada nih, Fabian di acara '나혼자산다 I live alone', yang pesan makanan saat piknik dipinggir sungai Han Gang!

cr: 나혼자산다

Kebayang ga sih betapa baedal atau delivery service di Korea itu sungguh sangat memikirkan kondisi perut kita huhuhu. Makanya disaat lapar, ga ada tuh alasan: sibuk, ga sempet beli makan, ga ada waktu masak atau keluar. Jangan ragu dan jangan bimbang, langsung saja telfon dan ber-baedal lah!
Karena kesehatan kita sangat penting dan makan harus selalu dijaga, sesibuk apapun:)

Segitu dulu post kita kali ini, karena kita ngepost malam-malam dan jadi lapar nih. Energi juga sudah habis dipakai buat ngetik hahaha. Jadi saatnya kita baedal dulu hihi! Sampai bertemu di post berikutnya;)

Untuk kamu,

#darikorea

No comments:

Post a Comment