Sunday, April 3, 2016

Yuk Cari Tahu 10 Jajanan Khas Korea!

Halo~ 안녕하세요
It's Foodie Sunday! :D
Siapa yang suka banget makanan Korea? Kalau teman-teman suka makanan Korea, wajib banget nih untuk baca post kita kali ini!

Karena kali ini #darikorea akan membahas lebih dalam tentang jajanan khas Korea atau Korean street food! Pasti sudah penasaran kan? Oke langsung aja ya, jajanan apa sih yang teman-teman bisa cicipi saat travelling ke Korea? Yuk lihat list dibawah ini :)

1. Tteokpokki (떡볶이) & Omuk (어묵)


     Pasti teman-teman sudah tidak asing dengan yang satu ini. Tteokpokki memang jajanan terfavorit di Korea, kita bisa lihat penjual Tteokpokki hampir dimana-mana di Korea. Tteokpokki terbuat dari Tteok (떡) atau kue beras yang direbus terlebih dahulu sebelum ditumis dengan saus pedas khas Korea. Jangan lupa untuk cicipi Omuk yaitu fish cake atau otak-otak ala Korea! Yumm! Harga Tteokpokki seporsi sekitar 2.500 ~ 3.500Won dan Omuk 500 ~ 1.000Won per buah.


2. Gyeranppang (계란빵)


     Dalam bahasa Korea, Gyeran (계란) adalah telur, Ppang (빵) adalah roti. Jadi Gyeranppang adalah roti yang dikukus dengan telur diatasnya. Enak banget kalau dimakan panas-panas sewaktu musim dingin. Harganya pun cukup ekonomis, mulai dari 1.000Won per buah.

3. Dakkochi (닭꼬치)


     Lihat dari fotonya saja pasti teman-teman sudah bisa menebak kan? Benar banget, Dakkochi adalah sate ayam ala Korea! Berbeda dari sate ayam di Indonesia, potongan daging ayam Dakkochi cukup besar makanya ini jajanan yang lumayan mengenyangkan. Pas banget kalau dimakan saat kelaperan travelling! Harganya cukup bervariasi mulai dari 2.500 ~ 4.000Won per tusuk.

4. Modeum Soseji (모듬 소세지)


     Yang satu ini adalah sate sosis ala Korea. Biasanya bisa teman-teman temukan di tempat wisata seperti Myeongdong atau Insadong. Rasanya yang enak membuat Modeum Soseji menjadi jajanan favorit turis, lho. Harga sate sosis mulai dari 2.500 ~ 4.000Won. Hmm tapi bagi teman-teman yang Muslim harus hati-hati yaa, karena biasanya sosis ini terbuat dari daging babi!

5. Ice Cream (아이스크림)


     Jauh-jauh ke Korea kok makan es krim, sih? Eittsss, tunggu dulu karena es krim yang satu ini berbeda dari yang lain. Ini adalah es krim dari '32 Parfait' yang bisa ditemukan di Myeongdong. Dinamakan 32 Parfait karena panjang es krim ini adalah 32 centimeter! Wow kebayang nggak tingginya! Ada beragam pilihan rasa juga seperti chocolate, vanilla, green tea, strawberry, yoghurt dll. Harga eskrim ini cukup murah jika dibandingkan dengan rasa dan porsinya, yakni 2.000Won. Tunggu apa lagi, catat ya '32 Parfait' di memo teman-teman!

6. Ojingo Gui & Muno Gui (오징어 구이 & 문어 구이)


     Seafood adalah salah satu makanan favorit orang-orang Korea. Bisa dilihat dari banyaknya makanan Korea yang mengandung seafood. Seperti jajanan yang satu ini, dalam bahasa Korea, Ojingo Gui (오징어 구이) adalah cumi-cumi bakar, Muno Gui (문어 구이) adalah gurita bakar. Harganya cukup bervariasi mulai dari 3.000 ~ 8.000Won.

7. Kkultarae (꿀타래)


     
     Kkultare adalah kue khas Korea yang terbuat dari madu dan beragam kacang-kacangan yang dibalut berkali-kali dengan adonan tipis terbuat dari madu dan tepung. Meski tidak banyak ditemui di daerah biasa, namun Kkultarae banyak dijual di tempat wisata seperti Myeongdong dan Insadong. Kue ini juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di tanah air karena awet hingga 2 minggu. Harganya mulai dari 6.000Won per kotak.

8. Bungoppang (붕어빵)


     Satu lagi jajanan favorit yang mudah ditemukan hampir di semua daerah di Korea. Bungoppang adalah kue berbentuk ikan yang berisikan kacang merah atau vanilla cream. Saking populernya, banyak variasi Bungoppang yang bisa teman-teman temukan. Salah satunya Bungoppang berisikan es krim dan beragam topping seperti terlihat di foto atas. Harganya bervariasi mulai dari 3.000Won.

9. Hotteok (호떡)


     Hotteok adalah kue goreng manis yang berisikan madu atau gula merah. Karena harganya yang murah, mulai dari 1.000Won, Hotteok juga merupakan jajanan populer di kalangan orang Korea maupun turis asing. Sekarang juga banyak lho Hotteok berisikan daging, sayur atau keju yang juga tidak kalah enak dengan Hotteok yang original. Yumm!

10. Cheese Gui (치즈 구이)


     Jajanan yang satu ini baru populer belakangan ini. Apalagi kalau bukan Cheese Gui atau keju bakar! Hmm dari namanya saja sudah bikin penasaran kan? Keju yang dibakar langsung melt saat masuk ke mulut teman-teman. Kebayang kan rasanya? :p Keju bakar ini bisa teman-teman cicipi mulai dari 2.500Won. 


Sekian 10 jajanan khas Korea atau Korean street food yang harus teman-teman cicipi saat travelling ke Korea! Kalau teman-teman punya ide untuk makanan Korea lainnya untuk kita review, boleh kok comment di bawah ini.

Kalau begitu annyeong~!

Untuk kamu,

#darikorea

2 comments: