Thursday, April 21, 2016

Serba-Serbi Tes Bahasa Korea, TOPIK!

Hallo~! 안녕하세요~!
Apakabar semuanya~!
Akhir akhir ini post kita kebanyakan mengenai Cafe Cafe, Oppa Oppa, terus Drama Drama nih, nah sekarang kita mau ngasitau info yang sedikit berbeda tapi berguna banget! Info yang gak kalah pentingnya buat kamu kamu yang tertarik banget sama Korea, terutama yang mau belajar di Korea nih. Karena kan kalo kita liat banyak nih yang tertarik sama info tentang belajar di Korea. Jadi langsung aja kita ke topik kita yaitu......... TOPIK!
iya TOPIK! Test Of Proficiency In Korean!
cr: Topik
Kalo di bahasa Inggris kita punya TOEFL, TOEIC, IELTS, nah di bahasa Korea kita punya TOPIK! Dimana kemampuan bahasa Korea kita di uji melalui tes tertulis (쓰기 sseugi), baca (읽기 ilgi), dan dengar (듣기 deudgi). Okeoke yuk langsung kita bahasa satu satu ya~!

1. Bagian dan level TOPIK
   Tes bahasa Korea TOPIK ini, terdiri dari 6 level dimana level 1 adalah level terendah dan level 6 adalah level tertinggi. Level 1 - 2 Beginner (초급 Cogeub), Level 3 - 4 Intermediate (중급 Junggeub), Level 5 - 6 Advance (고급, Gogeub) .
   TOPIK terbagi menjadi dua bagian:
TOPIK I yang terdiri dari level 1 dan level 2
TOPIK II yang terdiri dari level 3-4 dan 5-6
cr: TOPIK
    Kalau kita lihat gambar diatas TOPIK I ujiannya hanya satu kelas Listening 30 soal dalam 40 menit dan Reading 40 soal dalam 60 menit. Nah kalau TOPIK II terdiri dari  2 kelas. Kelas pertama listening 50 soal dalam 60 menit, writing 4 soal dalam 50 menit. Kelas kedua reading 50 soal dalam 70 menit.

2. Penilaian TOPIK

 
    Bisa kita lihat di gambar diatas, jadi total nilai ujian TOPIK itu 200 poin untuk TOPIK I dan 300 poin untuk TOPIK II. Kalo nilai ujian kita lebih dari 80 poin, maka kita lulus level 1. Dan sampai level tertingginya yaitu level 6, kita harus mendapat nilai diatas 230 poin. Nah, biasanya untuk bisa kuliah di Korea salah satu syaratnya adalah lulus level 4, tapi berbeda beda juga sesuai Universitas atau programnya:)

3. Cara mendaftar TOPIK
    TOPIK dilaksanakan di luar dan dalam Korea. TOPIK jenis A untuk Amerika, Eropa, Afrika, Oceania itu tesnya hari sabtu, dan untuk Asia jenis B, tesnya hari Minggu.
    Untuk teman teman yang di Korea, bisa langsung mendaftar lewat online di topik.go.kr. Caranya bikin akun dulu di websitenya, lalu cek jadwal yang tersedia di pengumuman website. Nah, kalau mau daftar jangan dekat dekat tanggal ujiannya karena biasanya pendaftaran ujian dibuka sebulan atau bahkan dua bulan sebelumnya~! Dan biayanya 40.000won.
    Untuk teman teman yang di Indonesia, bisa daftar melalui datang ke Jakarta International Korean School (JIKS) yang ada di Taman Mini:)
    Prosedur pendaftaran semuanya dijelaskan secara mantap di website:) Diujung kiri halaman juga ada pilihan untuk ganti bahasa, jadi bisa ganti ke English dan klik Go!
    Oiya untuk latihan sebelum ujian, bisa download contoh soal latihan di websitenya. Disana ada contoh soal yang tertulis dan juga listeningnya. Plus jangan lupa download jawaban kuncinya yaaaa supaya kita bisa tau berapa nilai kita.
*tips: latihan ujian nya pake waktu ya~~! usahakan se mirip mungkin dengan ujian yang sebenarnya ya:)

4. Sertifikat TOPIK~!!!
   Setelah melalui proses panjang dari pendaftaran, persiapan sampai ke ujian kita tinggal menunggu pengumuman nya nih. Pastikan kita lihat tanggal pengumumannya, lalu cek hasil ujian kita. Bisa di cek dengan log in atau masukkan nomor ujian kita.
    Hasil ujian ini bisa kita print langsung dari website, gratis untuk print pertama kali dan bayar untuk print print berikutnya. Sertifikat berlaku hanya 2 tahun! jadi sebelum expired kita harus tes lagi hihihihi.

Nah, itulah serba serbi mengenai TOPIK! untuk lebih lanjutnya, atau mau tanya tanya, atau mau bahas bahas atau minta tips tips, bisa comment, dm instagram, twitter untuk langsung hubungin kita:) karena kita sendiri sudah berpengalaman dengan tes ini hahahaha.

Okedeh, jangan lupa untuk stay tune dengan post-post kita ya:)
Untuk kamu,

#darikorea

4 comments:

  1. Adminnya tes di luar atau di dalam korea? Belajar bahasa korea sendiri atau ada tutornya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, admin tes TOPIK di dalam Korea. Saat kuliah biasanya sama tutor, kalau sekarang belajar sendiri :)

      Delete
  2. Halo,
    minggu depan saya akan tes Topik 1, selama ini sih belajarnya otodidak. Ikutan tes Topik pengen tau kemampuan saya sudah sampai dimana.hehe

    Saya tau kalo Topik 1-6, cuma saya bingung level 1 & 2 itu maksudnya apa ya?
    minggu depan saya tes yang level 1, apakah itu artinya saya ujian untuk Topik 1&2?
    terima kasih.:)

    ReplyDelete
  3. Halo admin, tau nggak apa maksud nomor soal tipe ganjil dan genap di tes TOPIK. Khususnya untuk sesi mendengarkan, misalnya dapat nomor soal ganjil. Apa hanya mengerjakan soal ganjil saja? Karena di lembar jawaban juga tidak ada keterangan untuk menuliskan tipe soal yang kita kerjakan ganjil atau genap. Terima kasih.

    ReplyDelete