Tuesday, June 7, 2016

Bergila-gilaan di 'Noraebang'! - Karaoke di Korea

Halo~
안녕하세요~!

Apa kabar nih semuanya? Masih kuat kaaan puasanya? Harus semangat terus yaa!
#darikorea kembali lagi untuk share pengalaman-pengalaman seru tentunya hanya untuk teman-teman semua.

Pada kali ini topik kita adalah 'noraebang' (노래방) atau karaoke. Pasti sering kan melihat adegan 'noraebang' di drama-drama atau acara tv Korea? Kayak gimana sih keseruan 'noraebang' yang sebenarnya? Yuk cari tahu lengkapnya!

BTS V & Jungkook / cr: google


-- Apa bedanya karaoke di Indonesia dan di Korea?
   Sebenarnya karaoke di Indonesia maupun di Korea tidak ada perbedaannya. Pastinya seru dan menyenangkan bernyanyi lagu-lagu kesukaan bersama teman-teman maupun keluarga. Bedanya di Indonesia tempat karaoke itu mayoritas berbentuk sebuah gedung atau terletak di dalam shopping mall dalam skala besar. Sedangkan di Korea, tempat karaoke bisa ditemui dimana-mana dalam skala yang kecil. Biasanya terletak di basement sebuah gedung, dan hanya dibentuk oleh beberapa ruangan saja.


   Seperti pada foto di atas adalah sebuah tempat karaoke di kawasan Apgujeong Rodeo, Seoul. Letaknya juga di basement, suasananya bisa dianggap cukup creepy juga sih, hihi. Namun ternyata tempat ini sudah sering muncul di program tv, lho! Terlihat dari banyaknya tanda tangan artis-artis yang menghiasi tembok kasir. MBC Infinity Challenge (무한도전) dan We Got Married (우리결혼했어요) adalah salah satu acara yang pernah shooting disini, wow!


-- Berapa sih harga karaoke di Korea?
   Sama seperti di Indonesia, sistem pembayaran karaoke di Korea pun dihitung per jam. Bedanya pengunjung harus bayar di muka terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang karaoke. Harganya sih tergantung di daerah dan lokasi tempat karaoke. Menurut pengalaman admin saat tinggal di Busan, dengan 10.000won kita sudah bisa berkaraoke selama 3~4 jam untuk ruangan standar maksimal 5 orang. Nah, sedangkan di Seoul jauuuuh lebih mahal. Rata-rata untuk ruangan standar, per jamnya dimulai dari 20.000won! Mahal sekali yaaaa!

Tapi tentunya ada tips untuk karaoke lebih murah, usahakan untuk datang sebelum pukul 18:00 karena biasanya ada diskon :)


Oke deh mulai saja yuk karaokeannya! Beginilah suasana 'real' dari karaoke di Korea. Tersedia dua microphone, dua kecrekan, buku daftar lagu-lagu dan remote untuk memilih lagu. Remotenya pastinya dalam huruf Korea (hangeul)... Pasti membingungkan sih menggunakannya kalau teman-teman tidak bisa berbahasa Korea. 

Hmm.. nyanyi lagu apa yaaa sebagai pemanasan?! :D


   Admin masih di dalam euphoria dari Produce 101 nih, jadi memilih lagu 'Pick Me' sebagai lagu pertama yang kita nyanyikan. "Pick me, pick me, pick me up!" Setelah lagu selesai muncul lah skor kita, hahaha lumayan dapat 88 :) 

Semua subtittle juga dalam hangeul ya, bagi yang tidak bisa baca hangeul, silahkan siapkan dulu lirik dalam romanization, hehe. Oh ya, tidak hanya lagu Korea yang tersedia, ada juga lagu Pop Amerika, lagu-lagu dari negara lain seperti Jepang, China, Vietnam hingga Indonesia! Tapi yaa lagu-lagu Indonesianya yang super amat jadul gitu deh..... 

Oke cukup sekian all about noraebang atau karaoke di Korea. Mudah-mudahan membuat rasa penasaran teman-teman berkurang yaa. Sampai jumpa di postingan yang menarik lainnya!

Untuk kamu,

#darikorea


No comments:

Post a Comment