Thursday, June 23, 2016

Siaran Radio Korea Bisa Ditonton Live loh!

Halo~ 안녕하세요~

Apakah teman teman pernah atau suka dengar Radio Korea?
Atau untuk teman teman yang suka k-pop, pernah dengerin atau streaming idol on air di radio?
Salah satu tips memperlancar bahasa Korea bisa dengan dengerin siaran siaran radio Korea loh!
Nah kali ini #darikorea mau sharing pengalaman dan cara nonton siaran radio Korea live dari studionya! Jadi gak cuman dengerin, tapi juga mengunjungi studionya plus ketemu sama artis yang mengisi siaran radionya!

Yuk langsung disimak~!


Baik di Korea maupun di Indonesia, sekarang sudah banyak kan siaran radio yang bisa di streaming-in lewat internet? Alias kita ga cuman denger suaranya tapi juga bisa lihat siapa yang menyiarkan radionya, siapa DJ nya siapa tamunya dan lain sebagainya. Nah tapi kalau di Korea, beberapa Broadcasting System besar seperti KBS, SBS, MBC, Arirang dan lainlain, justru menyediakan Open Studio untuk siaran radio! Jadi, ga cuman denger suaranya, tapi juga bisa liat siapa yang siaran LANGSUNG dari studionya! Bukan streaming lewat internet aja, hehe. Pasti beda dong rasanya melihat dari layar kaca sama lihat langsung~?!


Seperti gambar diatas, tim #darikorea kemarin sempat berkunjung ke KBS studio nih. Kalau teman teman pernah denger Sukira (SUperjunior KIss the RAdio), nah itu adalah satu program radionya KBS. Namun selain KBS banyak juga program program radio lain yang terkenal juga. Oleh karena itu, hal Pertama yang perlu dilakukan untuk Menonton Siaran Radio Korea Live (MSRKL): Cari di Internet, termasuk kemanakah program siaran radio yang mau kita tonton. Apakah itu KBS atau SBS atau yang lain lain. Karena memang beragam dan hampir semua punya open studio.


Kalau sudah ketemu websitenya, kita lihat agendanya atau ke bagian bintang tamunya. Misalnya mau nonton siaran Sukira yang bintang tamunya VIXX, pastiin tanggal mereka siaran dan, Tips (MSRKL) Kedua: pastikan apakah siaran itu 보라 (보이는 라디오, Radio yang siarannya dapat dilihat) atau rekaman! Jadi ga semua siaran radio bisa kita tonton dari studionya. Ada juga siaran yang memang sudah direkam duluan di studio lainnya yang tertutup. Jadi jangan lupa pastikan dulu siaran ini di open studio, BoRa (보라), atau gak nya ya:)


Kalau fix dengan jadwalnya, langsung kita meluncur ke TKP~ Menonton live siaran radio Korea juga berbagai macam bentuknya. Ada yang recording di studio besar sehingga kita bisa ikut ke dalam studionya sebagai penonton, ada juga yang di open studio kecilnya jadi kita bisa menonton dari luar studionya. Kalau yang di dalam studionya biasanya terbatas untuk fansnya saja dan perlu mendaftar di fancafe atau web resmi idolnya. Kalau yang diluar open studionya, tinggal datang saja. Contohnya di KBS (yang letaknya didekat Yeouido station) nih, nah Tips (MSRKL) Ketiga: Datang lebih awal! Karena kita hanya bisa melihat dari luar kaca, banyak yang sudah nge-tag tempat berdiri yang enak supaya kelihatan kedalam. Jadi kalau bisa, datang lebih awal untuk tag tempat atau kalau niat datang sehari sebelumnya dan taro kertas disitu buat nge tag hihi.



"Yahhh kalau cuman dari kaca situ mah mana puas ngeliatnya:(" weits tenang ajaa! karena studionya ga sebesar itu dan masih keliatan kok kedalem! yang lebi hseru lagi kadang artisnya suka keluar untuk foto bareng walaupun dari kaca... seperti foto diatas, Jo Sungmo, DJ acara radio 행복한두시. tapi kan lumayan juga! maka Tips (MSRKL) Keempat: siapkan handphonemu! Selain buat foto dan rekam, kita juga bisa kirim pesan pesan dan nanti dibacain dan mereka akan menyapa keluar hihi!



"Huuuu. tapi tetep aja kan ga keliatan kedaleeem" Tenang aja karena tepat di depan tiap studionya ada TV HD yang menyiarkan live dari studio di dalam seperti foto diatas :)

Masih kurang puas juga dan mau lihat artisnya dari dekat??? Nah ini dia salah satu serunya nonton siaran live radio Korea! Artisnya (idol yang kamu suka) akan jalan dari mobil ke studio. Kalau teman teman sering liat fansite fansite biasanya ada foto foto bertuliskan 출퇴근길 atau perjalanan mereka pulang pergi dari studio ke mobil-mobil ke studio. Dan tentunya bisa lihat dari dekat dong plus curi curi ngobrol sedikit hihi.



Kadang juga suka ada event-event dari program radio nya di hall depannya gitu! Kalo bisa liat langsung, kenapa engga?

Bambam GOT7, KBS hall lobby Sukira Event (cr: Sukira)
Begitu kira kira cerita nonton live radio nya! Selain seru ketemu artisnya, ternyata bisa liat gimana siaran radio Korea secara langsung dan gratis, ga kalah serunya loh. Jadi buat kamu yang ada waktu libur libur gini yuk nonton siaran radio Korea live!

Stay tune terus dengan post kita ya da Oh! kalau ada tempat yang ingin kamu kunjungi, hal yang ingin kamu lakukan atau sekedar kepo kepo apapun tentang Korea bisa langsung comment disini, di Instagram atau Twitter! Kita akan dengan senang hati membalas atau me review:)

Untuk kamu,

#darikorea

1 comment: