Sunday, June 19, 2016

Melawan Panas dengan Es Serut ala Korea: Bingsu!

Halo teman-teman!
안녕하세요 친구들 :)

Di post hari ini kita akan membahas tentang 빙수 atau bingsu/bingsoo. Pasti banyak yang sudah tahu karena es serut ala Korea ini sekarang bisa dinikmati juga di Indonesia. Bingsu adalah es serut yang biasa di sajikan waktu musim panas, dan mudah di temukan di restoran/kafe-kafe di Korea. 

Kata Bingsu (빙수) sendiri di ambil dari karakter Cina 氷水 yang artinya adalah Es dan Air. Tapi lebih dari sekedar es yang di serut, jaman sekarang lebih banyak yang menggunakan susu beku di serut - supaya rasanya jadi lebih enak dan tidak biasa. Yuk kita bahas lebih lanjut tentang bingsu!


cr; BNT News, Iklan Hollys Coffee dengan B1A4
Rasa bingsu yang paling terkenal adalah Patbingsu, yaitu es serut dengan Kacang Merah. Tapi semakin berjalannya waktu - rasa bingsu sendiri ikut berevolusi. Ada bingsu dengan es krim, buah-buahan, kue beras, kopi, oreo, coklat, teh hijau, dan lain-lain!


Bingsu ini kalau di Indonesia bisa dibilang mirip dengan es buah atau es campur - tapi bedanya bingsu juga terlihat indah secara visual. Karena makanan yang terlihat enak pasti rasanya juga jadi lebih enak, kan? :) Kalau bahasa jaman sekarangnya, bingsu bisa dibilang lebih instagram-able. Rasanya juga lebih bervariasi, jadi kita bisa milih rasa yang kita mau.

Di Indonesia bingsu masih susah dicari - mungkin cuma di restoran atau kafe ala Korea. Tapi kalau di Koreanya sendiri, kita bisa menemukan bingsu dimana-mana, bahkan di restoran siap saji seperti McD. Itu karena bingsu adalah dessert favorit orang Korea, apalagi di musim panas.

Harganya berkisar antara 7.000 Won - 15.000 Won, tergantung topping yang kita pilih. Salah satu bingsu dengan harga yang paling mahal adalah bingsu melon, yang menggunakan melon utuh sebagai mangkoknya:


cr; Akdong Musician untuk iklan Paris Baquette

Untuk rekomendasi tempat makan bingsu, admin akan memperkenalkan salah satu kafe bingsu yang paling terkenal di Korea yaitu 설빙 atau Sulbing. Mereka punya kurang lebih 10 jenis bingsu yang unik-unik, serta makanan dan minuman lainnya. Teman-teman juga bisa menemukan cabangnya dengan mudah karena ada dimana-mana. Tunjuk tangan kalau ada yang mau review spesial tentang Sulbing! :D


cr: findingtheseoul.com

Intinya, bingsu adalah salah satu kuliner Korea yang wajib untuk dicoba saat sedang disini! Apalagi untuk kalian yang mengunjungi Korea di musim panas. Dijamin langsung segar lagi setelah makan bingsu. ^^

Sekian dan sampai bertemu di post selanjutnya! Terima kasih.

Untuk kamu.

#darikorea

No comments:

Post a Comment