Thursday, June 2, 2016

Fenomena Dibentuknya K-Pop Idol Group - Survival Show

Halo semuanya~
안녕하세요~

Ngobrol-ngobrol tentang K-Pop, yuk! Siapa sih yang nggak kenal sama BIGBANG. Boy band utama dari YG Entertainment ini bisa disebut sebagai salah satu icon nya K-Pop. Sejak debut dari tahun 2006, selama 10 tahun mereka telah meraih banyak popularitas baik di Korea maupun internasional. Karena itu juga mereka sangat berpengaruh dalam ke-eksisan K-pop hari ini. Setuju nggak? :)

Setelah waktu trainee yang sangat panjang, G-Dragon, Taeyang, TOP, Daesung dan Seungri berhasil debut sebagai BIGBANG. Tapi tahu nggak sih teman-teman kalau mereka juga 'hampir' tidak terpilih menjadi member BIGBANG? Mereka juga melewati survival show, lho!

Apa sih yang disebut dengan survival show? Mari bahas lebih dalam mengenai fenomena ini!


   Survival show adalah salah satu cara dari para kantor Entertainment untuk memutuskan siapa yang berhak untuk debut dibawah naungan manajemen mereka. Acara ini akan ditayangkan pada salah satu tv channel, kemudian penonton secara langsung berpartisipasi dalam terpilih-atau-tidak-terpilihnya seorang trainee, melalui sistem voting. Salah satu tujuan acara ini juga para trainee tersebut jadi meraih popularitas dan membangun fanbase bahkan sebelum mereka debut. Maka saat mereka debut, mereka sudah ditunggu-tunggu banyak orang!

Salah satu contoh sukses dari survival show adalah BIGBANG Documentary yang menyisihkan Jang Hyun Seung (ex-member BEAST) dan menjadikan 5 member BIGBANG yang kita tahu sekarang! :D  Temukan daftar survival show lainnya dibawah ini!


- Broadcasted -



1. Who Is Next (WIN)
    Tahun tayang: 2013
    Episode: 11

    Setelah 8 tahun sejak debutnya BIGBANG, YG Entertainment tidak pernah membentuk boyband baru. Pada survival show Who Is Next (WIN) ini terdapat 11 trainee YG Entertainment yang dibagi menjadi Team A dan Team B. Team A mempunyai wajah-wajah familiar karena beberapa diantaranya telah memiliki popularitas, seperti Kang Seung Yoon dari ajang SuperstarK, Lee Seung Hoon dari ajang Kpop Star dan Song Min Ho yang pernah debut di grup BoM. Meskipun begitu, Team B beranggotakan 6 trainee berpotensial tinggi dengan gaya hiphop kental khas YGEnt, salah satunya adalah leader B.I. Acara ini mendapat banyak sorotan dan fans menggebu-gebu mendukung team favorit mereka. Pada akhir acara, Team A keluar sebagai pemenang dan debut dengan nama WINNER (위너).


2. Mix & Match (믹스앤매치)
    Tahun tayang: 2014
    Episode: 9

    Setelah desakan fans dari Team B, untuk meminta YG Entertainment agar mendebutkan team favorit mereka ini. Pada akhirnya YG Entertainment menarik pernyataan untuk mengeluarkan Team B dari YG Entertainment. Sebelumnya ini dinyatakan sebelum acara Who Is Next (WIN) berlangsung, bahwa team yang kalah tidak akan debut dibawah YG Entertainment. Tidak lama setelah WINNER debut, YG Entertainment mengadakan survival show lain berkonsep Mix & Match dengan ditambahnya 3 member baru di Team B. Mix & Match membuat persaingan ketat diantara 9 orang trainee karena hanya ada 7 member yang dipilih dan debut atas nama iKON (아이콘). Pada akhirnya 6 member asli dari Team B dengan 1 tambahan member Jung Chan Woo berhasil mendapat posisi di grup.


 3. MyDOL (마이돌)
    Tahun tayang: 2012
    Episode: 8

    Ternyata sebelum dua acara YG Ent diatas, Jellyfish Entertainment lebih dulu mengadakan survival show dengan judul MyDOL. 10 trainee bertarung memperebutkan 6 posisi untuk debut dibawah nama VIXX (빅스). VIXX yang baru saja menyelesaikan promosi lagu terbaru mereka 'Dynamite' ini pun sekarang telah mendapat hati di para pecinta K-Pop music! Oh ya meski pindah ke entertainment lain, kabarnya 4 trainee yang tereleminasi dalam acara MyDOL terus melanjutkan karir mereka di industri musik dan bahkan ada yang sudah debut juga :)



 4. SIXTEEN (식스틴)
    Tahun tayang: 2015
    Episode: 10

    JYP Entertainment juga mengikuti jejak entertainment lain dalam fenomena survival show. Kali ini 16 trainee perempuan memperebutkan 9 posisi untuk debut atas nama TWICE (트와이스). Acara SIXTEEN cukup sukses, bisa dilihat dari lagu debut TWICE bertajuk 'Like OOH-AHH (우아하게)' yang mencapai rekor grup rookie yang music videonya paling banyak ditonton di Youtube.



5. No.Mercy (노머시)
    Tahun tayang: 2014-2015
    Episode: 10

   Starship Entertainment, kantor yang menaungi SISTAR juga membuat acara survival show berjudul No.Mercy. Seperti survival show yang lainnya, acara ini menampilkan 13 trainee dari Starship Entertainment untuk memperebutkan 7 posisi untuk debut dibawah nama MONSTA X (몬스타엑스). Belum lama ini MONSTA X mengeluarkan mini-album terbaru mereka bertajuk 'The Clan Part 1 Lost' dan akan mengadakan konser pertama mereka pada bulan Juli mendatang!



6. PRODUCE 101 (프로듀스101)
    Tahun tayang: 2016
    Episode: 11

    Berbeda dengan survival show lainnya yang menunjukkan trainee dari satu entertainment, pada PRODUCE 101 terdapat total 101 orang trainee dari beragam entertainment yang bertarung memperebutkan 11 posisi dalam grup. Acara ini sangat meraih sukses diawal tahun ini, dilihat dari popukernya lagu 'PICK ME' dan grup I.O.I (아이오아이) juga tengah menerima hangatnya popularitas dari publik.

Selengkapnya tentang PRODUCE 101, ada di postingan kita yang satu ini.


- On Going -


7. D.O.B (Dance Or Band) 
    Selain acara yang telah berhasil menghasilkan K-Pop Idol yang telah disebutkan diatas, ada juga yang sekarang sedang berlangsung nih! Kali ini FNC Entertainment, rumah dari FT Island, CN Blue dan A.O.A ini membuat survival show bertajuk D.O.B (Dance Or Band). Seperti namanya, ada dua team yaitu Dance Team dan Band Team yang bersaing untuk mendapat kesempatan debut pada tahun ini. 13 trainee berbakat ini sebelumnya muncul dalam acara FNC Entertainment, NEOZ School (네오즈스쿨).



8. Pentagon Maker (펜타곤메이커)
    Contoh survival show yang sedang berlangsung saat ini adalah Pentagon Maker yang dibuat oleh CUBE Entertainment. 4 tahun setelah dibentuknya BTOB, akhirnya CUBE Entertainment akan mengeluarkan boyband baru pada bulan Juli mendatang yang dinamakan Pentagon (펜타곤). Dalam acara ini 10 trainee yang berpotensial menjadi member Pentagon diberikan mission untuk mengasah lima aspek: Performance, Dance, Teamwork, Talent dan Mind. Terdapat wajah-wajah familiar seperti Jinho (JINO) yang dulunya sempat debut di SM The Ballad, juga Hongseok yang berpartisipasi dalam Mix & Match dan hampir debut sebagai member iKON.

- Coming Soon -


9. Boys 24 (소년 24)
    Melanjutkan kesuksesan Produce 101 yang menjadi hit program awal tahun ini, Mnet kembali dengan survival show terbarunya bertajuk Boys 24. Bisa disebut ini adalah versi cowok dari Produce 101. Dengan konsep yang sama, Boys 24 akan menampilkan total 49 orang trainee dari beragam entertainment. Saat ini setiap minggunya Mnet mengeluarkan 7 foto trainee yang berpartisipasi dalam Boys 24. Berbeda dengan Produce 101, gosipnya di Boys 24 akan lebih banyak trainee dari entertainment besar seperti SM, YG dan JYP. Acara ini akan ditayangkan di Mnet tanggal 18 Juni mendatang.

Bagaimana menurut teman-teman, menarik kan fenomena survival show ini? Meski kadang sedih untuk menonton survival show yang kadang kejam (hiks...), tidak dipungkiri bahwa grup yang dihasilkan dari survival show cukup berprestasi di dunia per K-Pop-an. Ada nggak grup favorit teman-teman disini? :)

Oke deh cukup sekian postingan kali ini. Sampai jumpa di postingan berikutnya yaa!
Untuk kamu,


#darikorea

*all pictures are taken from google

No comments:

Post a Comment