Monday, June 13, 2016

Tren Mukbang atau Siaran Makan di Korea Selatan!

Halo teman-teman!
안녕하세요 친구들~^^

Hari ini kita akan membahas program-program makan di TV Korea atau disebut juga Mukbang (먹방: 먹/muk dari 먹다/mukda yang artinya makan & 방/bang dari kata 방송/bangsong yang artinya siaran = siaran makan) - salah satu jenis program TV yang lagi terkenal di Korea. Di acara ini para MC memperkenalkan restoran/makanan yang terkenal enaknya, sambil berbicang-bincang seperti talk show biasa.

Kenapa sih Mukbang ini bisa terkenal di Korea? Katanya sih karena banyak orang stress dan kesepian di dalam kesibukan, jadi mereka melepas stress mereka dengan makan. Ada juga yang bilang bahwa tren Mukbang ini ada hubungannya dengan semakin meningkatnya jumlah orang yang tinggal sendirian di Korea. Jadi mereka butuh hiburan di saat sedang makan sendirian.

Jadi Mukbang apa aja sih yang bisa kita tonton di siaran Korea? Yuk kita lihat sama-sama~!





1. Gourmet Road (식신로드)

Siapa sih yang gatau acara ini? Bisa dibilang inilah Mukbang pertama di Korea - yang sudah dimulai dari tahun 2010. MC-nya adalah Jung Junha, seorang pelawak yang terkenal melalui perannya di Infinite Challenge, dan co-MC nya sendiri selalu gonta-ganti setiap season. Kenapa acara ini juga dikenal di luar negeri? Selain makanan-makanannya yang selalu terlihat enak, alasannya adalah karena banyak idol-idol yang pernah jadi tamu di acara ini! Mulai dari EXO, CN Blue, A-pink, dll, hampir semua idol pernah datang ke acara ini :)


2. One Night Food Trip (원나잇푸드트립)

Acara ini adalah salah satu Mukbang terbaru di Korea. Di acara ini, para artis diberi waktu 2 hari 1 malam untuk menikmati local food di sebuah negara - sebanyak-banyaknya! Mereka bahkan bisa makan sampai 10 kali atau lebih loh dalam sehari. Acara ini sudah mengunjungi Jepang, Taiwan, Guam, Vietnam, Thailand, dll. Mungkin selanjutnya akan ke Indonesia :D


3. Delicious Guys (맛있는 녀석들)

Ini adalah acara dimana 4 orang pelawak terkenal Korea mengitari berbagai macam restoran terkenal di Korea. Kenapa acara ini terkenal di Korea? Karena selain memperkenalkan makanan enak, para MC nya juga lucu! Jadi sekalian nonton Mokbang sekalian nonton komidi gitu :D Mereka adalah pelawak-pelawak yang ga cuma terkenal jago ngelucu, tapi juga jago makan!


4. Tasty Road (테이스티로드)

Acara yang satu ini juga tidak kalah tahan lamanya sama 'Gourmet Road'. Mereka sering mengganti MC setiap season, mulai dari season 1 sampai sekarang Tasty Road 2016 (season 7) dengan MC aktris Kim Minjung dan Yura dari Girls' Day. Mereka terkenal sebagai acara yang memperkenalkan bukan cuma restoran enak - tapi juga restoran gaul atau disebut juga hot place di kalangan anak-anak muda di Korea.

Itulah list Mukbang mau kita kenalkan ke teman-teman! Meskipun bikin laper kalau nontonnya malam-malam, acara seperti ini bisa informatif untuk kita yang mau nyari tempat makan enak dan gaul di Seoul atau daerah lain di Korea.

Sekian post hari ini, sampai bertemu di post selanjutnya :)

Untuk kamu,

#darikorea

No comments:

Post a Comment