Monday, May 23, 2016

Gaya Hidup Jadi Tradisi: Kafe Korea dan Cerita Dibaliknya

Halo teman-teman!
안녕하세요!

Di post hari ini kita akan membahas salah satu budaya Korea, yaitu budaya kafe atau kopi di Korea! Ini adalah salah satu budaya yang semakin hari semakin berkembang di Korea - dan sekarang juga mulai menjelajar di Indonesia.

Meskipun kafe itu masih sedikit asing untuk orang Indonesia, tapi ini adalah bagian dari budaya/tradisi orang Korea dimana mereka sering nongkrong di kafe - bahkan setelah makan di restoran, Mungkin udah banyak yang sadar juga karena kita sering ngepost tentang bermacam-macam kafe di Korea, mulai dari Line Cafe, Blind Alley Cafe Thanks Nature Cafe, Contoyner Cafe, dll :) Penasaran kan apa yang akan kita bahas hari ini? Yuk langsung cek aja ke bawah :)

source: visitkorea.or.kr
Budaya kafe di Korea mulai berkembang beberapa tahun belakangan ini. Bahkan jumlah konsumsi kopi di Korea naik drastis - sampai sekarang jadi negara konsumsi kopi terbanyak nomor 3 di Asia! Sebagai negara yang tidak memproduksi kopi secara langsung, ini cukup mengagetkan. Bahkan sekarang dimanapun kita berada di Korea, pasti kita bisa menemukan kafe di setiap gang-nya.Ada apa sih dibalik ini?


Negara yang dulunya hanya mengonsumsi teh (itupun di rumah, ga keluar-keluar), sekarang jadi negara yang identik dengan ngopi-setelah-makan atau ngafe-setelah-makan, yang mungkin masih bisa dipandang aneh sama orang Indonesia. Bahkan kopi itu udah kayak kebiasaan bagi orang disini, abis makan pasti otomatis nyari kopi. Admin sendiri yang udah 4 tahun tinggal disini bahkan jadi ketularan, nyarinya kopi terus abis makan lol :)

Jadi konon katanya, zaman dulu tuh orang Korea ga pernah yang namanya ngopi ke kafe. Mentok-mentok cuma kedai kopi deket rumah gitu (semacam warung kopi gitu kali ya). Tapi seiring dengan kenaikan ekonomi Korea, orang-orang jadi makin sering memakai duit diluar - salah satunya utnuk ngopi/ngafe. 

Bisa dibilang kopi dan kafe ini mulai menjadi gaya hidup orang Korea. Maka dari itu kafe-kafe di Korea bisa terus berkembang, karena banyak juga yang nyari. Meskipun Korea kecil, ada hampir 300 cabang Starbucks disini, dan jumlah total kafe lebih dari 15.000 toko!


Makin lama makin banyak orang yang datang ke kafe untuk rapat, ketemu temen, atau sekedar nongkrong-nongkrong. Meskipun hanya berawal dari tempat pembuangan uang, 'kafe' di Korea jadi lebih dari sekedar tempat minum kopi - tapi menjadi bagian dari kehidupan sosial mereka :) Makanya ga heran kalo kafe disini bisa buka sampe tengah malem, dan masih aja rame sama orang yang sekedar duduk atau ngobrol.

Setelah itu pun kafe jadi semakin berkembang, dan makin banyak kafe-kafe unik seperti kafe binatang, theme kafe (ex: Hello Kitty Cafe), kafe komik, dll. Ayo komen dibawah buat yang penasaran sama Hello Kitty Cafe! :D



Maka dari itu kafe menjadi salah satu tempat must visit kalau kalian di Korea. Kenapa? Karena kafe di Korea itu unik-unik dan tidak biasa! Admin juga sebagai pecinta kafe Korea, akan berusaha untuk mencari kafe-kafe yang lebih unik lagi untuk teman-teman sekalian #alesan :D Sekian post hari ini. Jangan lupa kalo kita lagi ada GIVEAWAY berhadiah sangat menarik - ikutan ya semua! Terima kasih.

Untuk kamu,

#darikorea

No comments:

Post a Comment