Tuesday, May 24, 2016

Kegiatan Biasa Orang-Orang Korea yang Luar Biasa

Hai Halo~!
안녕하세요~!

Post #darikorea kali ini adalah tentang salah satu budaya Korea yang unik dan sudah melekat dengan masyarakat Korea, dan mungkin masih jarang di Indonesia. Post kali ini bisa dibilang cukup spesial, karena cuman bisa di share sama orang-orang yang pernah nyobain langsung di Korea! Yaitu... Volunteer Activity!
Apa itu Volunteer Activity? Kenapa orang-orang Korea khususnya pemuda mudi Korea melakukan volunteer activity? Ada kegiatan kegiatan apa aja yang termasuk volunteer? Apa manfaatnya dari ikutan volunteer?
Yuk langsung kita bahas;)



Volunteer activity atau dalam bahasa Koreanya 봉사 활동 (Bongsa Hwaldong) adalah suatu acara yang membutuhkan dan melibatkan peran kita didalam pelaksanaan kegiatannya. Kita sebagai yang melakukan kegiatan berikutnya biasanya disebut Supporters kalau di Korea, atau 봉사자 (Bongsaja/Volunteer).


Kegiatan volunteer ini menjadi suatu hal yang wajar, bahkan terbilang 'wajib' dilakukan bagi pemuda mudi Korea. Ini juga merupakan suatu upaya agar pemuda pemudi Korea dapat bersosialisasi dan terjun langsung dengan pengalaman selama melakukan kegiatan volunteer, sebelum nanti mereka masuk ke dunia sosial sungguhan, perkantoran nantinya. 

Kalau dengar kata 'kegiatan volunteer' mungkin kita akan teringat kegiatan kegiatan volunteer sosial seperti membantu korban bencana alam atau korban perang, mengajar di pedalaman desa atau kerja bakti membersihkan kali dan hal hal besar lainnya. Tentunya itu juga merupakan kegiatan volunteer yang ada di Korea juga dan sungguh sangat mulia, namun kegiatan volunteer yang kita maksud disini adalah berbagai acara acara seru yang tidak membutuhkan ilmu atau suatu kekuatan khusus untuk melakukannya. Contoh contoh kegiatannya adalah:


Menjadi staff acara event International yang diadakan di Korea,


Menjadi supporter acara Summer Camp mancanegara,


Menjadi Santa Claus dan bagi bagi hadiah ke Panti Asuhan!

Juga masih banyak lagi kegiatannya seperti: Team pemeriah acara Kembang Api tahunan di Pantai Gwangan, menjadi kakak asuh di tempat anak anak keterbelakangan mental, tempat curhat kakek nenek di panti jompo, penerjemah tamu di acara International Film Festival dan lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu;)


Nah nanti para supporters juga mendapatkan sertifikat yang menandakan mereka telah bekerjasama dalam acara tersebut. Plus, di Korea sendiri ada beberapa website khusus yang mengurusi jam volunteer activity setiap orang. Jadi misalnya kita melakukan kegiatan volunteer untuk suatu acara dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore, maka kita mendapat credit tanda telah ber volunteer sebanyak 7 jam! Nantinya banyaknya jam volunteer ini juga bisa membantu untuk cari kerja loh!

Namun, karena namanya saja volunteer, jadi kegiatan ini pastinya tidak berupah. Tapi banyak sekali manfaat yang bisa kita terima dari ikut serta kegiatan kegiatan volunteer yang bahkan lebih besar nilainya daripada uang. Yang pertama, meningkatkan skill dan pengalaman kita dalam bersosialisasi. Kedua, kita dapat menambah wawasan tentang hal-hal baru yang kita belum tahun sebelumnya. Ketiga, mengasah bahasa Korea dan Inggris karena mau gamau kita pasti harus berkomunikasi satu dengan yang lain kan. Keempat, dapat pahala kalau menjalankannya ikhlas hehe. Dan manfaat yang gak kalah penting, kita dapat menambah teman dan menambah network! siapa tau dengan melakukan kegiatan volunteer menjadi jalan bertemu sang jodoh? #ea

Cukup sekian post kita mengenai volunteer activity, suatu budaya di Korea nih! Memang sedikit infonya dan banyak curhatnya, namun semoga dapat berguna untuk teman teman, terutama yang mau ke Korea! Jangan lupa join acara-acara seperti ini ya dijamin ga nyesel:)

Untukkamu,

#darikorea


No comments:

Post a Comment