Friday, May 27, 2016

Jalan-jalan Sore di Alun-alun Seoul - City Hall Tour!

Halo teman-teman~
안녕하세요 친구들!

Thank God it's Friday! 드디어 금요일이다! Dan besok akhirnya weekend lagi nih. Gimana sudah pada siapin jadwal buat jalan-jalan besok beluuuum? Atau mau istirahat aja sama keluarga di rumah? Boleh boleh... Meskipun belum punya plan, yang penting tetap baca ya postingan rubik travel kali ini! Hihi :)

Kali ini kita akan membahas tentang jantungnya kota Seoul, yaitu City Hall dan area sekitarnya!




   Belum lama ini tim #darikorea mengunjungi City Hall atau disebut dengan Sichong (시청). City Hall merupakan 'alun-alun'nya kota Seoul! Layaknya alun-alun di kota-kota di Indonesia, di City Hall terdapat lapangan luas yang biasanya dipakai untuk venue acara-acara menarik. Pada saat kita kesana, sedang diacarakan Seoul Friendship Fair 2016 (지구촌 나눔 한마당). Makanya lapangan City Hall dipenuhi dengan warga kota Seoul yang berkunjung ke acara ini! Liat yuk serunya di foto-foto berikut: 


   Wihhh rame banget yaaa! Karena ini acara internasional, nggak cuma orang Korea yang berpartisipasi tapi warga negara asing yang tinggal di Seoul pun datang kesini! Bisa dilihat dari banyaknya booth-booth dari berbagai macam negara. Kalau tidak salah, lebih dari 50 negara berpartisipasi dalam acara ini dengan membuka booth pameran barang-barang tradisional serta menjual makanan khas negara masing-masing.


    Yup, Indonesia juga berpartisipasi disini loh. Booth Indonesia mempamerkan alat-alat musik tradisonal seperti angklung, lalu ada juga aneka wayang dan hasil kerajinan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Bangga nggak sih, melihat ini semua diperlihatkan di luar negeri? :D


PSY - Gentleman MV / Cr: naver.com
   Gedung berwarna abu-abu dengan jam dinding diatasnya adalah Seoul Library atau Seoul Dosogwan (서울도서관). Juga bertepatan di City Hall, gedung Seoul Library merupakan gedung lama dari gedung pemerintahan kota Seoul yang sekarang diubah menjadi perpustakaan. Seoul Library pernah dijadikan lokasi shooting Running Man (런닝맨) dan video clip dari PSY, berjudul Gentleman. Teman-teman juga bisa mengunjungi Seoul Library, lho! Tapi ingat untuk tidak berisik dan mengambil foto di dalam perpustakaan yaa :)


   Nyebrang yuk! Tepat diseberang lapangan City Hall, terdapat salah satu istana paling terkenal di Korea yaitu Deoksugung Palace (덕수궁). Deoksugung Palace juga merupakan salah satu dari sedikit istana yang dibuka hingga malam hari pukul 21:00. Jadi bagi teman-teman yang ingin menikmati suasana istana di malam hari, Deoksugung Palace bisa jadi pilihan tepat! Stay tuned terus di blog #darikorea untuk review dari istana ini! :)



   Persis disebelah Deoksugung Palace, terdapat sebuah jalanan yang disebut dengan Deoksugung Doldam-gil (덕수궁 돌담길). Doldam-gil berartikan 'jalanan tembok batu'. Seperti terlihat pada foto diatas, jalan kecil sepanjang satu kilometer ini memang dikelilingi oleh tembok batu alias tembok yang memisahkan jalan ini dengan Deoksugung Palace. Jalan ini cocok untuk tempat jalan-jalan sore sambil cuci mata di flea market.

Oh ya, tapi ada mitos menarik yang beredar tentang jalan ini. Konon katanya jika berjalan menelusuri Deoksugung Doldam-gil dengan pacar, maka hubungannya akan selesai alias putus!!! Omg! Ngeri juga ya...... Padahal justru ingin kesini bareng pacar, hehe. Anyway, masih banyak orang-orang Korea yang percaya akan mitos ini. Gimana kalau teman-teman percaya nggakkkk? :)



   Nggak cukup dengan Deoksugung Doldam-gil, teman-teman juga wajib berkunjung ke Seoul Museum of Art (서울시립미술관) yang tentunya masih sekitar sana. Banyak pameran seru disini bahkan ada yang gratis juga! Cek websitenya sebelum kesana yaa! Click!


Cukup sekian postingan tentang jalan-jalan sore di City Hall area. Jangan lewatkan untuk mengunjungi 'alun-alun' saat teman-teman ke Seoul yaa! Sampai jumpa di postingan berikutnya.

Untuk kamu,


#darikorea

No comments:

Post a Comment