Tuesday, May 17, 2016

Pasti Nyesel Kalau Ga Datang ke Festival Tahunan yang Satu Ini!

Halo~
안녕하세요~

Tak terasa sudah memasuki pertengahan bulan Mei! Kalau di Korea, bulan Mei bisa juga disebut bulan festival. Karena di bulan Mei cuacanya juga lagi bagus bagusnya, para Universitas juga menggelar pensi2 alias pentas seni dengan beragam artis. Lalu banyak hari hari peringatan di bulan Mei. Ada hari anak anak tanggal 5, hari orangtua tanggal 8 dan hari guru tanggal 15. Nah sayangnya dari hari hari tersebut yang tanggal merah alias libur cuman hari anak anak:( Tapi ada juga tanggal merah di bulan Mei yaitu 석가탄신일 (seok ga tan sin il) atau 부처님 오시는날 (bucho nim osineun nal) hari kelahiran Buddha, yang tahun ini jatuh pada tanggal 14 hari Sabtu.
     
      
Untuk merayakan hari ini, berbagai tempat khususnya di kuil atau daerah sekitar kuil memasang umbul-umbul atau pernak-pernik. Dan yang paling utamanya adalahhh Lantern! Yap! Lantern Festival! Nah di Seoul ada tempat yang bagus banget yang mau kita rekomendasikan nih untuk melihat lantern festival! Buat teman-teman yang tidak berdomisili di Seoul atau di Korea yuk di baca juga buat referensi nanti pas ke Seoul;) (atau lihat lihat fotonya juga sudah ikut merasakan gimana bagusnya tempat ini kok! hihi)

Tempat Lantern Festival ini adalah 청계천, Cheonggyecheon Stream. Stream ini adalah anak dari Sungai Han, 한강, yang melintasi tengah kota. Stream ini di design dengan sangat baik sehingga menjadi salah satu tempat wisata loh!
     
     
Tak heran kalau hari hari biasa pun Cheonggyecheon Stream ini didatangi banyak pengunjung baik orang Koreanya sendiri maupun wisatawan. Selain lantern festival untuk merayakan hari lahir Buddha ini, banyak juga festival festival lain yang mewarnai dan menghiasi stream ini. 
    
    
Cara ke Cheonggyecheon Stream ini adalah dengan naik subway line 5 dan turun di Gwanghwamun Station dan keluar melalui exit 5. Lalu kita akan menemukan semacam keong seperti di gambar ini. Nah, Cheonggyecheon Stream terletak tepat didepannya:)
    

Mulai dari siang hari stream sudah mulai di datangi beberapa orang meskipun lampu belum menyala. Selain pemandangan lantern di tengah streamnya, ada pelukis karikatur disekitarnya juga loh! Lumayan untuk menghabiskan waktu sambil nunggu lampunya menyala hihi.
     
    
Sekitar jam 7an ketika hari sudah mulai gelap lampu lampunya pun mulai menyala. Tidak hanya patung patung di tengah stream, lampion lampion yang menggantung diatas juga menyala degan sangat indah~~~
    
    
    
    
     
Menurut informasi yang kita dapat, lantern lantern yang menyala ditengah stream bukan hanya sekedar patung menyala, tapi ada ceritanya! Jadi tips #darikorea : ketika ke lantern festival Cheonggyecheon stream, perhatikan lah satu persatu lampunya bermula dari jembatan ini:
     
    
Maka kita bisa tau deh ceritanya seperti apa:)
tips #darikorea berikutnya adalah jangan lupa bawa tongsis! hihi. Karena banyaaaak banget orang yang dateng untuk foto foto! Juga kalau mau hasil foto kita bagus, siapkan penyinaran yang bagus (senter?) karena biasanya yang terang hanya lanternnya kitanya jadi gelap:(
Ada juga street band yang menambah syahdu pemandangan dengan lagu-lagu di pinggir stream.

Peringatan: Datang ke lantern festival Cheonggyecheon Stream sendirian dapat mengakibatkan kegalauan dan terjebak dalam kesendirian. Namun, walaupun dalam kegalauan ingatlah untuk selalu berbuat kebaikan seperti: tetap mau jika diminta tolong fotoin oleh couple couple haha. Dan ingat juga, kamu tidak sendirian karena #darikorea setia menemanimu<3

See you segera di post berikutnya:)
Untukkamu,

#darikorea

No comments:

Post a Comment