Wednesday, May 11, 2016

Opini #darikorea - Benar Nggak Sih......?

Halo~
안녕하세요~~

Bulan Mei terasa cepat banget berlalu. Nggak berasa sudah mau masuk pertengahan Mei ya. Masih tetap bersemangat kan mengerjakan aktivitas masing-masing? Mungkin ada juga yang masih terbawa hawa liburan long weekend ya, hihi. Ayo ayo hwaiting! :D

Kali ini kita akan membahas tentang image yang banyak dipikirkan orang-orang tentang kehidupan di Korea. Kita sendiri banyak mendapatkan pertanyaan-pertanyaan seperti dibawah... Makanya kita mau share disini sama teman-teman semuanya!

Oh yaaa, postingan kali ini adalah 100% opini dari kita yang sudah 4 tahun tinggal di Korea yaaa... Dan namanya juga opini, pastinya bisa berbeda dengan opini orang lain, mungkin juga berbanding terbalik dengan yang teman-teman pernah dengar. Jadi jangan kecewa atau sedih kalau misalnya tidak sesuai dengan harapan teman-teman tentang Korea.

Nggak usah lama-lama, langsung aja yuk cari tahu -- Yang banyak dipertanyakan tentang kehidupan di Korea!




1. Rasis

Dari banyak pertanyaan tentang Korea, pertanyaan ini salah satu yang paling banyak ditanyakan:

"Orang Korea rasis nggak sih.....?"

Hmm.. Kalau menurut kita, orang Korea bukannya rasis tapi mereka masih belum terbuka menerima orang asing. Mungkin dipengaruhi dengan rasa cinta mereka dengan negara Korea itu sendiri. Saking cintanya jadi mereka merasa tidak butuh orang lain kali yaaa... Dipikiran mereka, negara lain itu hanya Amerika, Canada, dan negara-negara Eropa seperti Jerman, Perancis, dll. Sementara diluar itu, mereka masih agak underestimate nih. Misalnya sama negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, masih banyak yang berpikir kalau Indonesia adalah negara yang tidak maju yang semuanya masih tinggal di hutan. Bahkan admin #darikorea sendiri punya pengalaman ditanya "masih banyak yang tinggal di atas pohon ya di Indonesia?"atau "di rumah kamu pelihara babi ngga?" :(

Tapi nggak semua orang Korea kayak gitu lho! Kalau sekarang sudah banyak yang open minded dan menerima perbedaan dari setiap negara kok. Bisa dilihat dari banyaknya program-program pemerintah Korea untuk mendukung warga negara asing yang tinggal di Korea :)




2. Operasi Plastik

"Benar nggak sih kalo semua orang Korea itu operasi plastik....?"

Jawabannya: Tidak. Nggak semua orang Korea itu operasi plastik. Tapi memang cukup banyak yang menjalani operasi plastik di Korea. Seperti yang kita semua tahu, orang Korea itu sangat fashionable dan memikirkan penampilan. Karena itu juga K-fashion dan produk-produk kecantikan dari Korea sangat berkualitas tinggi. Teknologi dan fasilitas klinik kecantikan juga modern banget, termasuk operasi plastik.

Kebanyakan orang Korea menganggap operasi plastik itu hal yang biasa. Pastinya sesuai kebutuhan masing-masing, misalnya operasi double eyelids, memancungkan hidung atau membuat rahang menjadi V-line. Menurut mereka kalau punya uang dan bisa menjadi lebih cantik atau ganteng, kenapa tidak? Bahkan banyak cerita kalau anak-anak SMP/SMA mendapat ranking yang baik atau nilai bagus di sekolah, mereka akan minta hadiah untuk dibolehkan operasi double eyelids kepada orang tuanya.




3. Cantik dan Ganteng

"Semua orang Korea cantik dan ganteng nggak sih.....?"

Jawabannya: Tidak. Nggak setiap orang Korea yang kita lihat di jalan itu memiliki wajah yang cantik dan ganteng, kok! Haha. Mungkin banyak yang berpikiran demikian karena artis-artis Korea yang biasa dilihat di drama itu semuanya cantik dan ganteng. Yaaa namanya juga artis, ya kan?

Banyak juga orang Korea yang berwajah normal, tidak berkulit mulus putih, tidak langsing dan tidak tinggi, layaknya orang-orang biasa. Tapi seperti yang kita bilang, kelebihan mereka adalah mereka sangat memperhatikan penampilan. Mau cewek, mau cowok, rata-rata orang Korea punya minat dalam fashion. Karena keseharian mereka juga berpakaiannya oke nggak kalah dari artis-artis, mungkin itu yang membuat orang Korea jadi terlihat lebih cantik dan ganteng :)



4. Ketemu Artis

"Tinggal di Korea, pasti sering ketemu artis di jalan dong.....?"

Wahh kalau pertanyaan yang satu ini sudah sampai bosan untuk dijawab. Setiap pulang ke Indonesia, pasti aja ada yang tanya 'sudah ketemu artis siapa aja di Korea?'. Hmm...
Kalau pengalaman kita selama 4 tahun tinggal disini sih memang sudah beberapa kali ketemu artis Korea dari aktor/aktris, K-Pop Idol sampai komedian... Tapi itu juga bukan kebetulan tidak sengaja bertemu di jalan, rata-rata memang ada event tertentunya.

**Cek yuk artikel yang pernah kita post sebelumnya, bertemu Day6 dan Yoo Yeon Seok.

Selama tinggal di Indonesia juga nggak pernah ketemu artis di jalan. Sama saja di Korea juga susah untuk ketemu secara kebetulan. Tapi yaaaa.... Ada juga sih hari-hari keberuntungan seperti foto di atas contohnya, admin bertemu Girls' Day Hyeri yang kebetulan sedang shooting drama terbarunya 'Entertainer' (딴따라).



5. Romantis

"Cowok-cowok Korea se-romantis di drama nggak sih?"

Jawabannya: Iya. >____<
Tapi nggak semuanya loh yaaa. Tapi rata-rata sih memang iya! Karena itu juga kali yaa, drama Korea mostly tentang cinta-cintaan yang super romantis gitu... Hmm.. kalau opini kita sih, cowok Korea itu mau melakukan apapun untuk pacarnya. Rela deh melakukan hal yang kecil sampai yang besar biar si cewek merasa senang. Nah karena itu jangan heran kalau teman-teman datang ke Korea, akan banyak melihat cowok yang membawakan tas si cewek. Meskipun tasnya cuma handbag yang kecil dan nggak berat sama sekali! Untuk beberapa orang bisa berpikir agak lebay sih ya... Well, itu kenyataannya kok!


Oke deh segini dulu postingan kali ini. Semoga sedikit menjawab rasa penasaran teman-teman semua yaaa! Sekali lagi, ini semua 100% opini kita jadi bisa aja ada yang nggak setuju sama postingan ini :p

Sampai jumpa di postingan berikutnya!
Untuk kamu,

#darikorea

5 comments:

  1. Keren kak artikelnya. Ya smoga bisa someday kesana 🙋

    ReplyDelete
  2. Keren kak artikelnya. Ya smoga bisa someday kesana 🙋

    ReplyDelete
  3. 언니 artikelnya lumayan membantu buat cari jodoh😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk cek juga post post kita yang lainny ajuga semoga bisa membantu:)

      Delete