Tuesday, May 3, 2016

Mengenal Lebih Jauh tentang 'Jjimjilbang' atau Sauna Khas Korea

Halo~~~ 안녕하세요!
Kembali lagi di rubrik Lifestyle nya #darikorea! Kemarin-kemarin kita sudah membahas soal kafe-kafe seru di Seoul, pasti teman-teman sudah bosen kaaan kok kafe mulu? Hehe.
Naaah makanya kali ini kita akan review sesuatu yang berbeda nih. Kita akan ceritakan pengalaman kita pergi ke Jjimjilbang (찜질방).

Apa sih itu yang disebut dengan Jjimjilbang?



     Kata 'jjimjil' (찜질) berarti menghangatkan dan 'bang' (방) berartikan ruangan. Jadi jjimjilbang mempunyai arti ruangan yang menghangatkan atau lebih sering disebut dengan sauna. Tapi di Jjimjilbang ala Korea bukan hanya ada sauna lho, biasanya Jjimjilbang dilengkapi dengan hot tubs dimana pengunjung bisa berendam setelah sauna. Ada juga Jjimjilbang yang berfasilitas lengkap seperti swimming pool, game station. restoran, kafe hingga spa.

Langsung saja yuk lihat review #darikorea mengenai salah satu Jjimjilbang terbaik di Korea! :)

Cr: 슈퍼맨이돌아왔다
   Jjimjilbang yang berlokasi di dekat Yongsan station, Seoul ini bernama Dragon Hills Spa. Dragon Hills Spa didirikan pada tahun 2006 dan disebut sebagai salah satu Jjimjilbang terbaik di Korea karena fasilitasnya yang sangat lengkap. Maka dari itu selain dinominasikan sebagai salah satu tourist attraction di Seoul, banyak juga lho acara TV Korea yang shooting disini! Salah satu contohnya adalah Choo Seunghoon dan Choo Sarang datang kesini dua kali selama masa Superman Returns! :)



   Pada pintu masuk Dragon Hills Spa, teman-teman disambut dengan foto-foto artis yang pernah datang kesini, lengkap beserta tanda tangannya. Selain Superman Returns, acara tv Running Man, Oh My Baby dan We Got Married juga pernah lho shooting disini!



   Tiket masuk Dragon Hills Spa adalah 12.000 won untuk 12 jam. Karena Jjimjilbang ini buka selama 24 jam, pengunjung bisa menginap juga disini. Lumayan kan bagi traveler yang mau irit biaya hotel! Bisa sekalian sauna, bisa sekalian menginap juga! Eits tapi ingat disini tidak ada ruangan khusus untuk tidur dan alasnya pun seadanya. Tapi kapan lagi bisa mencoba budaya orang Korea yang sebenarnya, ya nggak? :)

Setelah membayar tiket masuk teman-teman akan diberi setelan kaos dan celana pendek, dua handuk serta kunci loker seperti pada foto diatas. Lalu bergegaslah kita untuk mengganti baju dengan yang telah disediakan. Ruang ganti pria terletak di lantai satu sementara ruang ganti wanita terletak di lantai tiga. Setelah masuk ruang ganti..... jengjeeeeeenggg..... pertama-tama mari baca doa dulu sebelum masuk. Teman-teman harus siapkan hati dan pasang poker face juga! Pokoknya jangan kaget yaaa kalau semua orang ganti baju tanpa rasa malu sedikitpun didepan orang-orang lain. Karena itulah budayanya orang Korea, berbeda dengan kita orang Indonesia. Jangan bayangkan juga kalau ruang gantinya punya sekat atau pemisah bagi masing-masing, hihihi. Semuanya terbuka! LOL.

Sudah ah nggak mau berlama-lama di ruang ganti, setelah memakai kaos dan celana pendek langsunglah kita menuju ke area sauna..





   Seperti ini kira-kira arena sauna dari Dragon Hills Spa. Disini terdapat berbagai jenis ruang sauna seperti Oak Wood Carcoal Oven dan Crystal Salt Room. Temperatur ruangan mulai dari 29~51 derajat celcius! Kebayang nggak panasnya kayak apa? Selesai berkeringatan di ruang sauna pengunjung bisa tidur-tiduran santai di area bebas sambal menonton TV atau makan cemilan.



Cr: 슈퍼맨이돌아왔다


   Ke Jjimjilbang belum afdol kalau nggak makan cemilan khasnya dong! Apalagi kalau bukan telur rebus (3500 won) dan Sikhye (식혜) (3000 won) atau minuman air beras khas Korea. Bisa teman-teman beli di warung yang terdapat di area bebas. Bayarnya cukup dengan menempelkan kunci loker yang tadi diberikan (lalu dibayar setelah selesai sauna). Yumm! Segar banget deh kalau dinikmati setelah panas-panasan. Jadi ingat adegan Minguk nangis karena Sikhye nya tumpah :(




   Di Dragon Hills Spa juga terdapat arena bermain untuk anak, kolam renang, game station, restoran hingga Thai massage. Fasilitasnya sangat lengkap dari lantai 1 hingga lantai 6! Dijamin pengunjung tidak akan bosan berlama-lama disini. :)

Bagi teman-teman yang ingin mencoba Jjimjilbang tapi takut akan fasilitasnya, takut kalau ternyata tempatnya aneh, dsb jangan khawatir karena disini sangat aman dan terpercaya. Semua informasi dilengkapi dengan Bahasa Inggris dan Cina, makanya banyak turis asing yang kesini. Terakhir kali jangan lupa untuk mencoba berendam di hot tubs dengan orang-orang lain! Memang sih pertamanya malu karena tidak diperbolehkan mengenakan apapun, tapi setelah berendam, pasti teman-teman akan ketagihan! Apalagi setelah lelah berjalan-jalan di Korea, Jjimjilbang sangat cocok untuk merilekskan badan :)

Sekian review kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk comment jika punya tempat seru untuk kita kunjungi!
Untuk kamu,

#darikorea

1 comment: