Saturday, May 21, 2016

Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Ke Insadong!

Halo semuanya~
안녕하세요 여러분~

Sudah melewati pertengahan bulan Mei, mungkin diantara teman-teman ada yang sudah membuat plan untuk liburan. Siapa yang mau ke Koreaaaa? :) Bagi yang sudah punya plan dalam waktu dekat, bagi yang udah beli tiket tapi masih tahun depan, atau bagi yang mau banget ke Korea tapi ngga tau kapan bakal kesampean...(hiks) tetep wajib baca postingan yang satu ini! ^^

Semoga postingan kali ini membantu teman-teman saat traveling di Korea!


   Kita yakin teman-teman pernah mendengar objek wisata bernama Insadong (인사동). Yup, Insadong memang merupakan tempat wisata wajib untuk dikunjungi para turis saat datang ke Seoul. Insadong berlokasi di Jongno-gu, tepat di jantung kota Seoul. Karena berada di antara istana-istana, area ini masih bersuasanakan tradisional Korea. Insadong juga disebut sebagai pusatnya kerajinan tangan tradisional Korea. Pemerintah Korea sangat aware akan itu, dan membuat Insadong area menjadi objek wisata yang seru banget! Banyak sekali hal-hal yang bisa teman-teman lakukan disini, yuk lihat listnya dibawah ini:


1. Belanja Souvenir

   Salah satu alasan turis mendatangi Insadong nggak lain nggak bukan adalah untuk berbelanja oleh-oleh! :D Karena disini berjejeran toko-toko yang menjual souvenir khas Korea yang pastinya harus dibeli untuk oleh-oleh keluarga, teman-teman di tanah air! Apa aja sih souvenir-souvenir yang bisa ditemukan disini? Wahhh macem-macem banget mulai dari gantungan kunci, dompet-dompet lucu, kaos bertulisan Korea, kaos kaki, sumpit dan sendok khas Korea, tempat pensil, kipas khas Korea, dll. Harganya pun relatif bersaing dibandingkan teman-teman beli di tempat wisata seperti Myeongdong. So, ayo ayo boronggggg! :)




2. Jalan-jalan dan Workshop di Ssamzigil 

   Ssamzigil (쌈지길) bisa dibilang adalah landmark nya Insadong area. Belum ke Insadong kalo belum mengunjungi Ssamzigil! Ssamzigil adalah sebuah bangunan terbuka yang dipenuhi oleh toko-toko kerajinan khas Korea. Rata-rata barang-barang yang dijual disini merupakan handmade. Teman-teman yang menyukai aksesoris seperti gelang, kalung atau anting-antingan yang beraksen Korea, pasti akan suka berlama-lama di tempat ini! Selain itu dilantai satu terdapat pelukis karikatur juga pada rooftop terdapat kafe dan taman yang indah untuk tempat foto-foto. Nah tapi banyak pengunjung yang suka melewatkan bagian basement dari Ssamzigil. Padahal disana dipenuhi dengan tempat workshop dimana teman-teman bisa mencoba membuat souvenir khas Korea sendiri. Teman-teman bisa mencoba berkreasi mulai dari membuat postcard, cangkir, piring, lampu, jam dinding dll. Wow! Kapan lagi bisa membuat souvenir di Korea langsung, ya kan? :)




3. Berfoto Menggunakan Hanbok
   "Pengen deh foto menggunakan Hanbok (한복) atau pakaian tradisional Korea. Tapi nggak tau dimana tempat untuk menyewanya..." Nah disini nih tempatnya! Jika teman-teman jalan lurus ke gang depan Ssamzigil persis, teman-teman akan menemukan Insadong Tourist Information Centre (인사동홍보관). Disini pengunjung bisa menyewa beragam pilihan Hanbok hanya dengan membayar 3.000 Won saja. Setahu kita sih, ini merupakan penyewaan Hanbok yang paling murah di Seoul. Meski dibatasi hanya boleh 20 menit saja per orang, tapi pilihan Hanbok yang tersedia cukup bervariasi dengan aksesoris yang beragam! Lumayan kan bisa berfoto-foto, apalagi gedung Insadong Touris Information Centre inipun merupakan rumah tradisional Korea. Tips kalo mau kesini, datanglah saat hari masih pagi dan jangan pada saat weekend! :)




4. Melihat Barang-barang Antik
   
   Seperti yang kita sebut sebelumnya, Insadong adalah pusat kerajinan tangan khas Korea. Tak heran kalau disini banyak terlihat barang-barang antik yang terbuat dari kayu, keramik, aneka logam dll. Pengunjung bisa melihat barang-barang antik yang terpajang di Museum dan yang dijual berjejeran disepanjang jalan seperti pada gambar diatas. Ternyata Korea bukan hanya industri Kpop nya loh yang beragam! Kerajinan tradisionalnya pun unik-unik! Atau mungkin mau nama teman-teman ditulis dengan Hangeul (한글) antik diatas Hanji (한지) atau kertas khas Korea? Bisa juga disini :)
  



5. Street Food dan Hansik
   Setelah berjalan-jalan pastinya lapar dong. Wetss jangan khawatir karena teman-teman tidak akan kelaparan disini. Malahan mungkin kebingungan untuk memilih harus makan apa yaaa... hihi :) Benar banget karena di Insadong area teman-teman bisa menemukan aneka street food hingga aneka restoran yang biasanya menawarkan Hansik (한식) atau makanan khas Korea. Street food yang tersedia seperti Gyeranppang, Hotteok, Tteokpokki dll seperti yang pernah kita post di postingan sebelumnya. Pilihan Hansik juga sangat beragam seperti Bibimbap, Samgyetang, Naengmyon, Bulgogi, dll. Tinggal pilih apa yang ingin teman-teman cobain saat itu! :) Oh ya, satu lagi jajanan khas yang wajib dicicipi saat di Insadong adalah Ddong Ppang (똥빵) alias Poo Bread! Roti berbentuk -maaf- kotoran manusia ini bisa dibeli di pintu masuk Ssamzigil :D


   Gimana-gimana? Seru kan Insadong area ini? Benar-benar bisa menghabiskan waktu berjam-jam disini. Oh ya satu lagi yang unik, disini teman-teman akan melihat toko brand terkenal pun dituliskan dengan Hangeul atau huruf bahasa Korea, lho! Seperti foto dibawah ini adalah Starbucks dan Etude House yang berlokasi di tengah Insadong area.


   
   Oke deh sekian dulu untuk postingan kali ini. Insadong area bisa dijangkau dengan menaiki subway Line 3 dan turun di Anguk Station (안국역) exit 6. Jangan lupa untuk mengunjungi area ini yaaa! 

Sampai jumpa di postingan berikutnya! Happy weekend!
Untuk kamu,


#darikorea

No comments:

Post a Comment